Menu

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan Malang Jawa Timur adalah Stupa bercorak Budha yang terletak kurang lebih 5-6 km dari Candi Singasari. Secara wilayah candi yang terletak di tengah hutan ini masuk dalam kawasan Desa Toyomarto, Kecamatan Singasari, Malang.

Candi Sumberawan Malang Jawa Timur

Bila anda ingin berkunjung ke sini disarankan menggunakan sepada motor saja. Alasannya adalah lokasinya yang susah di tembus. Belum lagi lokasi parkirnya juga sempit. Begitu sampai di mulut gang, anda bisa memarkir sepeda di semacam warung kecil yang terletak di ujung sebuah turunan. Ada papan nama kecil yang menunjukkan lokasi Candi Sumberawan.

Jika anda lelah dalam perjalanan, anda bisa menuju pemandian umum yang terletak di ujung gang. Tempatnya sederhana hanya berupa kotak dengan air berasal dari mata air Gunung Arjuno. Warga setempat biasanya menggunakan tempat untuk mandi setelah bekerja dari sawah. Anak-anak kecil pulang sekolah biasanya mandi sampai badannya menggigil semua.

Dari ujung gang, anda akan di bawa menyusuri medan yang cukup berliku. Jika musim hujan jalanan pinggir sawah ini akan sangat berlumpur. Jadi anda harus berhati-hati jika tidak ingin jatuh dan masuk ke sawah. Selain itu, kiri kanan jalan hanya ada pohon bambu dan juga sawah yang berlatar Gunung Arjuno yang indah.

Jika anda merasa capek maka coba masuk ke sungai. Airnya super dingin dan membuat anda segar kembali. Saya saat itu lebih banyak main air karena udaranya saat siang super panas. Air di sungai ini seperti bisa di minum karena sangat jernih dan segar. Namun lebih baik anda menghindarinya mengingat kadang ada warga yang mandi dan mencuci di sungai.

Perjalanan dari ujung jalan hingga ke lokasi sekitar 15 menit dengan panjang tak sampai 500 meter. Medan yang agak licin membuat anda harus hati-hati. Selain itu kadang banyak warga lokal yang menggunakan sepeda dan sepeda motor melalui jalanan yang super sempit ini.

Begitu tiba di lokasi, anda akan melewati beberapa warung kecil milik warga. Hutan pinus dan beberapa pohon yang sangat besar. Candi ini terletak di sebelah tengah dengan sekelilingnya berupa taman yang sangat luas. Berikan donasi dan juga mengisi buku tamu karena tempat ini tidak ada tiket masuk resminya.

Candi Sumberawan sebenarnya adalah sebuah stupa Buddha. Pada zaman Singasari hingga Majapahit, penduduk di sekitar lokasi menganut dua agama. Hindu dan Buddha. Namun hanya candi iniliah satu-satunya stupa Buddha di Malang, bahkan Jawa Timur.

Jika anda mengamati sekitar, maka akan terlihat reruntuhan batu andesit yang tak tersusun. Menurut cerita, batu ini adalah bagian dari stupa yang tak bisa dipugar lagi. Zaman dahulu, banyak sekali warga yang memberi sesembahan kepada candi ini. Bahkan Raja Hayam Wuruk sempat mengunjungi sekali dalam perjalanannya ke wilayah kekuasaan.

Ah, ya tempat ini benar-benar tenang. Anda bisa mendengarkan suara hewan-hewan di hutan jika menutup mata. Itulah mengapa kadang tempat ini juga kerap digunakan sebagai tempat meditasi untuk sekelompok orang.

Terakhir, di bagian belakang tempat ini terdapat mata air yang sangat jernih. Air keluar dari sebuah arca yang berbentuk kura-kura. Dipercaya jika mencuci muka di tempat ini bisa membuat anda jadi lebih muda.

Tertarik untuk mencobanya? Moggo berbondong-bondong ke Candi Sumberawan! Serius, suasana tenang di tempat ini akan membuat pikiran kita jadi kembali segar!

Diposting Oleh | tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya