Menu

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli Terbaru dan Dari Berbagai Sumber Terpercaya

Apa pengertian hotel? berikut definisi hotel menurut para ahli yang kami sajikan secara lengkap dari berbagai sumber dan referensi terpercaya. Update terbaru dan terlengkap saat ini…
Pengertian Hotel dan aDefinisinya
Saat mendengar kata hotel memang tidak asing lagi di telinga setiap orang. Karena hotel memang hampir ada di setiap negara. Dari masa ke masa hotel juga sudah ada. Walaupun memang dengan konsep, bentuk, dan namanya berbeda, akan tetapi pada dasarnya tetaplah sama yang dimaksud adalah hotel.

Definisi Hotel Secara Umum dan Khusus

Pengertian hotel memang cukuplah beragam sebab banyak faktor yang mempengaruhinya. Berikut kami sajikan secara lengkap untuk anda:

1. MENURUT PARA AHLI DAN BUKU

Definisi hotel menurut para ahli dan beberapa buku ada sedikit kesamaan. Walaupun ada perbedaan akan tetapi maksud dan tujuannya sama saja. Agar lebih jelasnya kami sajikan satu persatu.

#Menurut Agus sulastiyono

Hotel adalah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan untuk orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu bayar dengan jumlah yang wajar. Pelayanan yang disediakan adalah makanan, minuman, dan fasilitas untuk tidur. Semuanya diberikan tanpa adanya perjanjian khusus.

Definisi ini disampaikan oleh Drs. Agus sulastiyono dalam bukunya yang berjudul manajemen usaha jasa sarana pariwisata dan akomodasi yang dicetak pada tahun 2006. Informasi tersebut terletak di halaman 5.

#Menurut Agus Sambodo dan Bagyono

Agus Sambodo dan Bagyono di dalam bukunya yang berjudul dasar-dasar kantor depan hotel yang juga terbit tahun 2006 memiliki definisi yang sedikit berbeda dengan Agus sulastiyono.

Menurut mereka berdua: “Hotel adalah tempat dimana para pelancong berkelas mendapat jasa penginapan dan makan dengan cara menyewa. Dan penyewa dalam keadaan memungkinkan untuk memperoleh jasa itu.”

Informasi lengkapnya bisa di dalam buku yang berjudul dasar-dasar kantor depan hotel karangan Agus Sambodo dan Bagyono terbitan 2006. Detilnya ada di halaman 3.

#Menurut Endar Sri

Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersial dengan jalan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan, serta jasa pencucian pakaian.

Definisi ini menurut Endar Sri di dalam berjudul pengantar akomodasi dan restoran pada halaman 8. Buku ini ditulis oleh Ir. Sugiarto Enda, BA dan Sri Sulartiningrum, BA terbitan Gramedia Pustaka utama pada tahun 1996.

#Menurut Lawson

Hotel adalah sarana tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan dengan beberapa fasilitas pelayanan seperti jasa kamar, jasa penyedia makanan dan minuman, dan jasa akomodasi lainnya dengan syarat berupa imbalan ataupun pembayaran.

Informasi lengkap pengertian ini dapat dilihat di dalam buku yang berjudul Hotels, Motels, and Condominius : Design, Planning, and Maintenance berada di halaman 27. Buku ini ditulis oleh Lawson dan diterbitkan oleh Architectural Press pada tahun 1976 di London.

#Menurut Rumekso

Hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan.

Informasi lengkap dapat dilihat di dalam buku yang berjudul Housekeeping Hotel di halaman 2. Buku ditulis oleh Rumekso,SE dan diterbitkan oleh ANDI pada tahun 2002 di Yogyakarta.

#Menurut Richard Sihite

Di dalam buku yang berjudul Hotel Management (Pengelolaan Hotel) terbitan tahun 1997 di halaman 2 disebutkan pengertian Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta memperoleh makanan dan minuman.

Menurut Wikipedia

3. MENURUT UU (UNDANG-UNDANG)

Menurut Undang-Undang Nomor 90 tahun 1990 tentang kepariwisataan, Pasal 25 ayat ( 1 ) dan ( 2 ), menyatakan bahwa :

  1. “Usaha penyediaan akomodasi merupakan usaha penyediaan kamar dengan fasilitas yang lain serta pelayanan yang diperlukan“ .
  2. “Usaha penyediaan setiap jenis akomodasi sebagaimana dimaksud dalam ayat ( 1 ) dibedakan atas kriteria yang disusun menurut jenis dan tingkat fasilitas yang disediakan“ .

4. MENURUT MENPARPOSTEL

Menurut MENPARPOSTEL hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan, dan minuman. Selain itu juga menyediakan jasa penunjang umum lainnya yang semuanya dikelola secara komersial. Pengertian ini sesuai dengan Surat Keputusan MENPARPOSTEL Nomor KM.37/PW.304/MPPT–86 BAB 1 pasal 1 ayat (8) , pada tanggal 7 Juni 1986.

5. MENURUT SK MENTERI PERHUBUNGAN

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makan dan minum (SK Menteri Perhubungan No. Pm. 10/Pw. 301/Phb. 77).

Perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat kenyamanan dan bertujuan komersil dalam jasa tersebut (SK. Menteri Perhubungan No. 241/11/1970).

6. MENURUT KBBI dan KAMUS OXFORD BAHASA INGGRIS

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.

Menurut kamus Oxford, The advance learner’s Dictionary adalah: “Building where meals and rooms are provided for travelers.” Yang dapat diartikan sebagai bangunan (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.

7. MENURUT AHMA (the American Hotel Motel Association)

Menurut AHMA (the American Hotel and Motel Association) sebagaimana dikutif oleh Steadmon dan Kasavana: A hotel maybe defined as an establishment whose primary business is providing lodging facilities for the general public and which furnishes one or more of the following services: food and beverage service, room attendant service, uniformed service, Laundering of linens and use of furniture and fixtures.

Terjemahannya:

Hotel dapat didefinisikan sebagai sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan untuk umum dengan fasilitas pelayanan sebagai berikut: pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.

#KESIMPULAN#

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bila hotel:

  • Suatu jenis akomodasi.
  • Memiliki bangunan fisik.
  • Menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya.
  • Tempat yang diperuntukkan bagi umum.
  • Dan dikelola secara komersial dengan memperhitungkan untung ruginya.

Demikianlah penjelasan lengkap pengertian hotel menurut para ahli dan buku serta sumber lainnya. Semoga informasi ini dapat berguna dan dimanfaatkan dengan baik.

Diposting Oleh |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya