Menu

10 Spot Hunting Foto Terfavorit di Surabaya

10 Spot Hunting Foto Terfavorit di Surabaya – Jaman sekarang, jalan-jalan kurang lengkap rasanya tanpa berfoto ria. Apalagi nih, kita sedang berada di era ‘no pic = hoax’ cyiiiin! Jadi penting banget mendokumentasikan kegiatan traveling kita daripada sekadar check in di Path. Tapi kalo travelingnya emang niat buat foto-foto, berarti kudu nyamperin objek wisata yang fotogenik dong. Soal itu, Anda nggak perlu khawatir! Langsung deh pesan tiket ke Surabaya, karena Kota Pahlawan ini gudangnya spot buat hunting foto!

Spot Hunting Foto Terfavorit di Surabaya

Saking kerennya, banyak loh wisatawan yang sengaja dateng jauh-jauh untuk berfoto prewedding atau memang ingin memotret sudut-sudut eksotisme kota Surabaya. Anda pengen tau nggak nih, kawasan mana aja yang sering jadi objek favorit? berikut informasi lengkapnya.

1. Stasiun Sidotopo

Penampakannya mirip stasiun, tapi sebenarnya bukan stasiun sungguhan. Melainkan depo, yakni bengkel kereta api sekaligus tempat peristirahatan gerbong-gerbong yang sudah tak terpakai. Depo ini dikelola dan bernaung di bawah daerah operasi VIII Surabaya. Meski namanya merujuk pada sebuah kelurahan di Surabaya, ternyata depo ini berlokasi di kawasan Simokerto. Agak jauh ke arah selatan dari Kelurahan Sidotopo. Di sini kita bisa menemukan jajaran bahkan tumpukan kereta api yang sedang tidak beroperasi. Kalo dipotret, hasinya kece abis!

Sayangnya, depo ini bukan merupakan obyek wisata dan merupakan area steril pengunjung. Tapi berdasarkan pengalaman beberapa orang sih, bisa ijin dengan alasan hunting foto untuk kepentingan pribadi. Plus kudu ngeyakinin kalo kamu bukan seorang jurnalis media mana pun. Mau coba?

Lokasi: Jl. Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya 60143

2. Jalan Gula

Jalan Gula merupakan salah satu spot di kawasan kota tua Surabaya yang dulunya menjadi pusat perniagaan kaum pendatang dari Tionghoa. Bahkan sampai sekarang, daerah ini tidak pernah sepi dari aktivitas bongkar muat. Jadi dalam perjalanan menuju ke sini, kita akan menjumpai kelenteng-kelenteng beserta bangunan tua yang masih terjaga keasliannya. Sebenarnya Jalan Gula bukanlah jalan utama, melainkan gang sempit di antara bangunan tua. Lokasi ini jadi tempat hunting favorit karena bergaya vintage, lengkap dengan sepeda tua yang bisa disewa. Selama ini sih paling laris jadi background foto prewedding.

Kalau Ezytravelers tertarik ke sini, baiknya pas weekend atau hari libur aja. Soalnya kalau di hari aktif, Jalan Gula ramai dilewatin banyak kendaraan.

Lokasi: Jl. Gula, Pabean Cantian, Surabaya 60161

3. Hutan Bambu

Nggak usah jauh-jauh ke Jepang buat menikmati sensasi indahnya Hutan Bambu Sagano. Di kawasan Keputih, Surabaya juga ada kok Hutan Bambu. Dulunya spot ini merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun sejak TPA Surabaya dipindahkan ke Benowo, lokasi ini pun diubah menjadi lahan hijau nan asri. Tempat ini menarik minat banyak orang berkat kerindangan bambunya dan tidak banyak kendaraan sliwar-sliwer. Sama seperti Jalan Gula, objek satu ini nggak luput jadi langganan foto prewedding. Oya, jalan-jalan ke sini makin asik karena tidak jauh dari Hutan Bambu ada Taman Sakura, yang saat ini sedang dalam pengembangan. Kabarnya sih, mau ditanam bunga Sakura beneran! Widiiiiih.

Lokasi: Dekat Terminal Keputih, Jl. Keputih Tegal, Sukolilo, Surabaya 60111

4. Hutan Mangrove Wonorejo

Biar dikata kota metropolitan, Surabaya punya wisata alam mangrove loh. Ada dua tempat wisata mangrove di Surabaya, yakni di Gunung Anyar dan Wonorejo. Namun yang paling terawat dan ramai dikunjungi orang sekaligus menawarkan banyak keindahan alam, ya Mangrove Wonorejo. Tempat ini jadi favorit fotografer untuk berburu foto landscape. Apalagi kalau sedang beruntung, bisa nangkep momen burung-burung liar yang sedang bermigrasi. Hasil foto ekslusif bisa kamu lihat di Wisata Alam di Bosem Wonorejo.

Jalan setapak di kawasan Mangrove ini sebagian dibangun dari papan-papan kayu. Jadi eksotis banget buat difoto, apalagi spotnya cukup banyak. Kalau mau foto prewedding, dikenai retribusi sekitar seratus ribu. Oya, tempat ini cuma buka pas weekend dan hari libur yah!

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya 60296

5. House of Sampoerna

Kalau nuansa vintage di Jalan Gula cenderung klasik, maka di House of Sampoerna lebih bergaya modern. Baik area indoor maupun outdoor, sama kecenya. Untuk indoor, kita bisa berfoto di museumnya (hanya untuk lantai satu) dan Art Gallery di ruangan terpisah. Sebenarnya bisa juga di resto, tapi harus membayar retribusi sebesar 500 ribu yang berupa voucher makan di situ. Untuk outdoor, banyak sekali dekorasi artistik seperti pagar hijau, bangku taman, jendela-jendela, dan lain sebagainya.

Buka setiap hari dari 9 pagi sampai 10 malam. Catet!

Lokasi: Jl. Taman Sampoerna No. 6, Surabaya 60163.

6. Taman Angsa Pakuwon City

Siapa kira pemandangan kastil dan danau berhias angsa hanya ada di kerajaan romawi? Di Surabaya juga ada loh, tepatnya di Laguna, kawasan Pakuwon City. Lokasinya sendiri berada di belakang East Cost yang biasanya dikenal sebagai Food Festival karena di sana banyak lapak yang menjual aneka kuliner. Nah Taman Angsa sendiri ramai dikunjungi orang pada sore hari yang ingin berjalan-jalan santai. Sambil menikmati pemandangan danau kecil yang diperindah dengan belasan ekor angsa cantik gitu. Etapi kalo Ezytravelers mau foto-foto di sini, nggak bisa sembarangan loh. Perlu negosiasi yang lihai ama satpamnya wekekek. Lha kalo nggak ada satpamnya cuss foto aja hehe.

Lokasi: Pakuwon City, Kejawen Putih Tambak, Mulyorejo Surabaya 60112

7. Kebun Bibit Wonorejo

Di Surabaya memang ada dua Kebun Bibit. Kebun Bibit pertama biasa dikenal sebagai Taman Flora, terletak di daerah Bratang. Sementara yang kedua lokasinya di Wonorejo, tidak jauh dari Ekomisata Hutan Mangrove Bosem. Kebun Bibit Wonorejo ini termasuk baru. Sekitar tahun lalu saja masih dibenahi untuk fasilitas umumnya. Tapi sekarang sudah bagus. Di taman ini ada danau kecilnya juga loh, dengan jogging track di sekelilingnya. Spot foto favorit di sini ialah dermaga kecil di pinggir danau. Sering banget dipake buat foto prewedding atau buat nugas video klip. Enaknya di sini karena untuk berfoto nggak perlu bayar retribusi.

Biar nggak terlalu ramai, usahakan jangan berkunjung di waktu weekend yah!

Lokasi: Jl. Kendal Sari Blok RK No. 70 , Rungkut Surabaya 60297

8. Makam Belanda Peneleh

Yang namanya makam nggak selalu identik dengan kata ‘serem’. Bahkan Makam Belanda satu ini kerap dijadikan lokasi hunting foto dari berbagai komunitas fotografi. Mungkin karena banyak pohon-pohon besar yang rindang plus bikin adem ya yang bikin makam satu ini favorit dibandingkan Makam Belanda lainnya. Untuk memasuki kawasan makam ini, diperlukan surat rekomendasi dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan Surabaya. Kalau mau nekat, coba sih nego pake ‘uang masuk’. Hehe. *berdasarkan pengalaman teman-teman sih seperti itu*

Lokasi: Jl. Makam Peneleh, Surabaya

9. Pantai Kenjeran Baru

Main ke Kenjeran nggak harus main ke pantai dong. Karena di sono ada banyak spot foto kece yang luaaaas banget. Ada aneka pepohonan hingga Pagoda Tian Ti yang hasilnya cakep dalam frame. Kalau lagi beruntung, kamu bisa mendapati ilalang tak jauh dari Pagoda untuk hasil foto yang lebih menarik nih. Kalau foto-fotoan biasa sih nggak masalah. Kalo foto prewed harus bayar retribusi nih sekitar 100 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Sukolilo No. 100 Surabaya 60119

10. Sepanjang Jalan Tunjungan

Pusat kota selalu jadi daya tarik wisatawan karena menyuguhkan ciri khas dari kota itu sendiri. Kalau Surabaya sih ikon pusat kotanya jelas Tunjungan. Apalagi sudah dikenal lewat lirik lagu “Rek ayo Rek, mlaku-mlaku neng Tunjungan…” Berbeda dengan spot foto lainnya yang hanya dimanfaatkan pada pagi hingga sore hari, justru Jalan Tunjungan biasa jadi jujugan sampai malam hari. Spot favorit sih di sekitar gedung Siola (yang kini disulap menjadi Museum Surabaya) dan pertokoan seberang Hotel Majapahit. Kenapa? Karena keduanya punya gaya arsitektur yang klasik dan vintage. Enaknya berfoto di kawasan ini adalah nggak ada yang ngelarang dan nggak ditarik retribusi. Hehe.

Lokasi: Jl. Tunjungan, Surabaya

Nah itulah 10 daftar spot hunting foto terfavorit di Surabaya. Jadi kalau mau foto-foto kece di Surabaya, tau dong harus ke mana? Oke, selamat berlibur!

Diposting Oleh |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya