Menu

Pesona Wisata Malang Jawa Timur yang Mendunia

Pesona Wisata Malang Jawa Timur yang Mendunia – Akhir pekan atau weekend adalah saat yang tepat untuk menghilangkan kejenuhan. Salah satunya berwisata. Banyak tempat yang bisa dikunjungi, misalnya wisata di Malang.

Pesona Wisata Malang Jawa Timur

Secara geografis, Kabupaten Malang berbatasan dengan Kabupaten Jombang, Mojokerto, Kota Batu dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara. Selain itu, Malang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Kabupaten Blitar serta Kabupaten Kediri di sebelah barat.

Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini mempunyai potensi sebagai tujuan pariwisata di propinsi Jawa Timur. Kini tempat wisata Malang banyak menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.Wisata Malang Jatim sekarang telah jadi primadona, pesona alam, pantai maupun wisata edutaintmentnya membuat animo pengunjung semakin tinggi.

Kota Malang sekarang sedang menggali potensi pariwisatanya secara serius. Semakin berkembangnya pariwisata di kabupaten Malang tak lepas dari sarana penunjang wisata Malang, seperti sarana akomodasi dan transportasi yang digunakan untuk menuju ke daerah-daerah wisata semakin baik.

Ada berbagai alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju area wisata Malang ,seperti pesawat terbang, bis, maupun kereta. Adanya Bandara Abdurrahman Saleh semakin mempermudah akses masuk bagi pelancong dari luar pulau. Dari Bandara Abdurrahman Saleh kita bisa meneruskan perjalanan dengan taksi untuk melanjutkan perjalanan.

Malang yang dikelilingi pegunungan, menawarkan beberapa tujuan wisata Malang yang menawarkan pesona alam. Selain itu, Malang juga menyediakan wisata sejarah, wisata pantai, dan wisata rekreasi. Jangan lupa membeli oleh-olehnya yang khas.

Wisata Malang menyebar di 3 wilayah, yaitu daerah Kotamadya Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Administratif Batu. Ketiga tempat ini menawarkan pesona alam maupun wisata rekreasi yang spektakuler. Jalur untuk menuju ke daerah ini pun mudah terjangkau dari Surabaya maupun langsung dari Bandara Abdurrahman Saleh.

Wisata Malang juga tak lepas menyajikan kuliner yang sedap. Serasa kurang lengkap jika berkunjung ke satu daerah tanpa mencicipi sajian kulinernya yang sedap dan menggoyang lidah. Karena terkenal dengan pohon apelnya, maka oleh-oleh ataupun kulinernya pun tak lepas dari apel.

Saat kita berwisata di kota Malang, kita bisa menikmati Monumen Tugu Malang, Pasar bunga dan burung, Museum Brawijaya, dan melihat proses pembuatan keramik di Dinoyo.

Pantai Sebagai Tujuan Wisata Malang

Berikut adalah beberapa pantai yang dapat dikunjungi di Malang, yaitu:

Pantai di Malang – Pantai Balekambang

Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur Malang, Jawa Timur. Daerahnya terletak kurang lebih 57 Km di selatan Malang. Transportasi yang bisa digunakan adalah kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Gelombang dan ombak yang besar bisa kita nikmati. Hembusan angin yang besar serta banyaknya pohon kelapa seakan ingin menemani kita untuk menikmati keindahan pantainya. Di pantai ini kita bisa bermain pasir, bermain ombak serta memancing. Ada karang laut sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut yang sangat indah tebentang di lokasi pantai ini.

Hal unik yang bisa kita temui adalah upacara Suran ( ritual Tahun Baru Jawa), yang diadakan setiap setahun sekali yang dinamakan upacara adat Jalanidhipuja. Pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir, penginapan, dan toko souvenir.

Pantai Balekambang mempunyai 3 pulau yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni yang masing-masing jaraknya 100 meter. Dua diantaranya terhubung dengan jembatan yang memiliki lebar 1 meter untuk menuju Pantai Balekambang.

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tepatnya 30 km selatan kota Malang. Dengan pasir putihnya yang membentang, Pantai Sendang Biru sungguh sangat asyik digunakan sebagai tempat berjemur. Adanya pulau Sempu menjadikan ombak di pantai Sendang Biru tidak terlalu besar.

Di pantai ini, banyak nelayan yang sering mendaratkan hasil tangkapannya. Pantai Sendang Biru terkenal dengan tempat pelelangan ikannya. Pantai ini dinamakan pantai Sendang Biru sebab di pantai terdapat sumber mata air yang biasa disebut sebagai sendang yang airnya berwarna biru.

Loket masuk untuk menuju pantai Sendang Biru cukup ramah di kantong, hanya Rp 5.000,00. saja. Dan alat transportasi yang bisa digunakan bisa kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Di pantai ini juga terdapat persewaan perahu yang bisa diisi 10 orang. Untuk memuaskan diri berkeliling ke pulau Sempu, kita cukup menyewa satu buah perahu dengan harga Rp 60.000,00.

Selain pantai, wisata Malang juga menyuguhkan tempat wisata yang tak kalah spektakuler dan banyak dikunjungi akhir-akhir ini, di Kota Batu Malang tepatnya.

Jatim Park 1

Sebagai ikon wisata yang baru bagi Kota Batu, Jatim Park berada di kaki pegunungan Panderman. Jatim Park merupakan tempat rekreasi, sekaligus sebagai alat pembelajaran untuk putra putri Anda. Jatim Park berdiri di atas tanah seluas 11 hektar, dengan berbagai wahana dan sarana parkir serta tempat makan dan minum sudah tersedia. Di sini, terdapat 36 wahana.

Saat masuk, kita akan disuguhi dengan wahana untuk pengenalan budaya daerah. Selain itu, ada juga wahana Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, tempat permainan, juga pasar wisata.

Harga tiket untuk masuk ke Jatim Park hari Senin-Kamis adalah Rp 35.000,00. Sedangkan pada hari besar atau Jumat-Minggu, harga tiket masuknya adalah Rp 45.000,00.

Batu Night Spectacular

Ini merupakan tujuan wisata Malang yang terbaru yang bis dinikmati di malam hari. Letaknya di daerah Batu, tepatnya di Desa Oro-Oro Ombo. Wahana yang tersedia juga beraneka macam, seperti Lampion Garden, Galery Hantu, Slalom Test, dan juga arena kidszone.

Yang menarik dari Batu Night Spectaculer adalah atraksi air mancur yang seakan menari mengikuti alunan lagu yang mengiringinya. Permainan lampu yang warna-warni membuat pengunjung semakin betah dan tak ingin beranjak dari arena ini. Anda bisa menikmatinya sambil makan malam di cafe yang dilengkapi dengan alunan musik dan lagu-lagu yang terbaru.

Setelah puas dengan atraksi air mancur menari, pengunjung juga dapat menikmati Outer Journey, yaitu sebuah wahana dimana kita bisa mengelilingi luar angkasa lewat laser show yang terpamang di layar yang lebar. Dengan layar selebar 50 meter yang ada di atas, pengunjung akan dikejutkan dengan helikopter animasi seakan-akan berjalan menuju kita.

Secret Zoo (Museum Satwa)

Secret Zoo berdiri di lahan seluas 14 hektar, di desa Oro-oro Ombo, Batu Malang. Museum ini cocok sebagai sarana edukasi anak-anak. Pengunjung akan disuguhi dengan diorama-diorama hewan dari berbagai negara. Tiket masuknya Rp 50.000,00.

Wisata Agro Kebun Teh Wonosari Lawang Malang

Melepas lelah dan penat dengan mengunjungi perkebunan teh yang hijau seakan-akan memperbarui oksigen yang kita hirup. Perkebunan teh Wonosari terletak di lereng Gunung Arjuno. Saat kita sebarkan pandangan, akan tampak keindahan suasana kota Lawang dan Singosari dari kejauhan.

Kolam renang dengan air hangat tersedia di sini. Dijamin tak kedinginan saat berenang walaupun berada di lereng gunung. Jika Anda pencinta anggrek, ada green house yang menyediakan bibit hingga puluhan koleksi anggrek. Jika anda ingin menambah koleksi tanaman hias, tersedia juga kios bunga di depan koperasi swalayan.

Anak-anak pun bisa menikmati kereta kelinci untuk mengelilingi arena kebun teh dengan biaya Rp 3.000,00. Dijamin anak-anak akan senang dengan kesegaran udara yang ada.

Tak lengkap rasanya setelah menikmati wisata Malang tanpa membawa oleh-oleh. Banyak oleh-oleh yang tersedia di toko-toko kue di sekitar tempat wisata, diantaranya:

  • Brownies tempe
  • Keripik buah, seperti keripik apel dan keripik nangka
  • Bakpia waluh
  • Keripik telo ungu
  • Keripik tempe
  • Dodol apel

Semuanya bisa didapat dengan harga yang terjangkau dan ramah di dompet.

Diposting Oleh |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya