Menu

Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna Surabaya adalah salah satu museum yang paling sering dikunjungi di Kota Surabaya. Museum ini terletak di kawasan Jembatan Merah yang masih jadi kawasan “kota tua” di Surabaya. Di sekitar museum masih banyak bangunan peninggalan zaman kolonialisme yang masih digunakan hingga sekarang.

Museum House of Sampoerna Surabaya

Ketika berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke museum yang satu ini, Museum House of Sampoerna. Museum yang terletak di Jalan Taman Sampoerna No. 6 ini punya banyak cerita dan keindahan yang tersembunyi di dalamnya. Banyak alasan-alasan penting kenapa kalian harus berkunjung di museum satu ini.

Sejarah Museum House of Sampoerna

Bangunan museum ini sebenarnya telah dibangun sejak 1862. Dulunya, bangunan ini merupakan panti asuhan.

Liem Seeng Tee, mantan anak asuhan panti ini, yang kemudian pada tahun 1932 membeli seluruh area bangunan ini dan digunakan sebagai pusat usahanya. Kala itu, usaha rokok milik Liem berkembang pesat dan Liem membutuhkan lokasi besar sebagai tempat produksi rokok. Di lantai 2 lah semua rokok-rokoknya diproduksi.

Kini, semua produksi tidak lagi dilakukan di House of Sampoerna. Di bangunan ini sekarang hanya terdapat benda-benda bersejarah yang menceritakan tentang perjalanan Liem Seeng Tee yang semula merupakan pedagang toko kelontong biasa menjadi mampu untuk membangun salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Lantai 2 yang dulu merupakan tempat produksi rokok, kini hanya menjadi workshop saja. Lokasinya dekat dengan tempat penting dan menarik lainnya, diantaranya:

  • Berjarak 7 menit berkendaraan dari Monumen Tugu Pahlawan,
  • Berjarak 9 menit berkendaraan dari Stasiun Surabaya Kota,
  • Berjarak 4 menit berkendaraan dari Stasiun Surabaya Kota,

Kuliner terdekat:

Bakso Gresik Cak Amin, No. Surabaya, Jl. Kebalen Barat No.1, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163,

  • Bourda Bakery, Jalan Kelasi No.35, Pabean Cantian, Krembangan Utara, Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur 60163,
  • Warung Do’a Ibu, Dapuan Bend. Gg. I No.2, North Krembangan, Pabean Cantian, Surabaya City, East Java 60163,
  • Warung Barokah, Jl. Dapuan Batu No.2, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163,
  • Masakan Padang Sinar Jaya, No. 1A, Jl. Sampoerna No.1B, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163,
  • Giant Ekstra Rajawali, Kel. Perak Barat, Jl. Rajawali No.57, Krembangan Sel., Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60175.

Alamat : Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163
Jam buka : 09.00–18.00

Ada Apa di House of Sampoerna?

Lalu, mengapa kalian harus berkunjung ke Museum House of Sampoerna ketika berlibur di Surabaya? Sebab disini terdapat banyak hal-hal yang menarik dan unik untuk dikunjungi.

Berikut informasi lengkapnya :

1. Sejarah perkembangan rokok di Surabaya

1. Sejarah perkembangan rokok di Surabaya

Ketika masuk di lokasi ini, kalian akan disuguhi dengan benda-benda peninggalan Liem Seeng Tee yang telah hidup mandiri sejak kecil. Bagaimana beliau merintis usahanya yang semula hanya berdagang kelontong hingga menjadi pendiri salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia.

Bahkan, terdapat rekonstruksi toko kelontong tempat Liem menjual berbagai jenis kelontong, mulai dari permen hingga buah-buahan.

Tidak hanya itu, koleksi-koleksi menarik tentang produksi rokok juga terpajang rapi di museum ini. Mulai dari bahan hingga mesin printing kuno yang digunakan sebagai cetakan bungkus rokok juga dipajang.

Tanpa bantuan guide pun, kalian akan memahami bagaimana sejarah perkembangan rokok di Surabaya mulai dari dibentuk hingga persebarannya.

2. Koleksi Sampoerna Marching Band

2. Koleksi Sampoerna Marching Band

Tak banyak yang tahu bahwa Sampoerna memiliki binaan marching band yang berprestasi hingga tingkat internasional. Bahkan, Sampoerna Marching Band dulu pernah memeriahkan Rose Parade di California, Amerika Serikat.

Namun sayang, pada tahun 1991, marching band ini diberhentikan. Namun jangan khawatir, kalian masih dapat menikmati rekam jejak marching band ini dari layar monitor sentuh yang tersedia di depan koleksi peralatan musik Sampoerna Marching Band.

3. Cafe tempat nongkrong yang unik

3. Tempat nongkrong yang unik

Area Museum House of Sampoerna adalah salah satu tempat nongkrong yang unik di kota Surabaya. Disini terdapat kafe yang cukup dikenal oleh penduduk asli Surabaya.

Di House of Sampoerna Cafe tersebut kalian dapat menikmati ragam makanan dan minuman selagi menikmati suasana bangunan kolonial Belanda. Sensasinya seperti berada di zaman Belanda.

4. Ada tumpangan gratis

4. Ada tumpangan gratis

Untuk menuju ke Museum House of Sampoerna sebenarnya kalian dapat menumpang bus khusus yang berkeliling tempat-tempat wisata di Surabaya, yaitu Surabaya Heritage Track.

Namun, bus yang menuju ke museum ini hanya ada di weekend saja. Meski demikian, bus tersebut akan membawa kalian berkeliling lokasi wisata di Surabaya tanpa dipungut biaya alias gratis.

Ingin naik? Langsung saja menuju Balai Pemuda untuk cari tahu jadwalnya.

Baca juga: Stasiun Semut, Stasiun Tertua di Surabaya

Itulah beberapa alasan yang penting kenapa kalian wajib mengunjungi Museum House of Sampoerna. Jangan khawatir, kalian akan menikmati suasana Kota Surabaya yang sesungguhnya di era penjajahan. Cukup menarik, bukan?

Diposting Oleh |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya