Menu

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya » Belum lengkap rasanya jika ke Kota Pahlawan, Surabaya belum mengunjungi Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan yang terletak di samping Bank Indonesia ini atau di depan kantor Gubernur Jawa Timur diresmikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden Pertama yaitu Bapak Ir. Soekarno . Bentuknya yang hampir mirip paku terbalik atau lingga ini berada di Jalan Tembaan, Surabaya dan dibangun untuk menghormati para prajurit (arek-arek Suroboyo) yang pada saat itu bertempur melawan sekutu.

Monumen yang memiliki tinggi 41,15 meter yang berdiri di tanah lapang dengan luas kurang lebih 1,3 hektar, biasanya dijadikan tempat upacara pada peringatan hari Pahlawan, tepatnya setiap tanggal 10 Nopember.

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Untuk ke tempat bersejarah ini sangatlah mudah, karena letaknya yang sangat strategis yaitu di tengah kota. Jika kita dari Bandar Udara Juanda kita bisa naik bis yang menuju terminal Purabaya. Dari terminal Purabaya kita bisa naik bis kota jurusan Perak yang melewati kota. Disini ada 2 jalur menuju Perak (yaitu jalur melewati tol dan jalur melewati kota dan kita pilih bis kota yang melewati kota saja. Atau jika pengen lebih cepat sampai ke Tugu Pahlawan dari terminal Purabaya dengan ongkos murah bisa saja kita memesan ojek sepeda motor yang lagi ngehits itu.

Jam Buka Museum Tugu Pahlawan & Sepuluh Nopember :

Selasa – Jumat : 08:00 – 14:30
Sabtu – Minggu : 08:00 – 13:30
Senin dan hari libur nasional : Tutup

Saat akan memasuki Monumen Tugu Pahlawan kita akan disambut oleh candi Bentar dan patung 2 proklamator kita, yakni Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Moh. Hatta. Tidak hanya Monumen Tugu Pahlawan yang bisa kita kunjungi, namun ada lagi objek wisata disamping Tugu Pahlawan yang harus kita jelajahi juga jika kita pergi kesana. Namanya Museum 10 Nopember, dengan bentuk piramida-piramida kecil dan 3 patung pemuda memegang bambu runcing. Di bawah piramida-piramida ini terdapat ruangan bawah tanah yang menyimpan benda-benda bersejarah. Tahun kemarin saat aku dan suami mengunjungi Museum 10 Nopember, ongkos masuk ke museum ini hanya sebesar Rp. 10.000,- per kepala.

Harga Tiket Masuk :

Umum : Rp. 10.000
Grup minimal 30 Orang : 10% off
Grup 100 – 200 Orang : 15% off
Grup 201 – 300 Orang : 20% off

Disana banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah, yang bisa kita lihat adalah beberapa foto yang dipajang di beberapa dinding museum, ada rekaman para pejuang-pejuang dahulu kala. Kita bisa melihat bagaimana para penjajah pada waktu itu melawan sekutu dengan keberanian yang mereka miliki dan sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan itu.

Di halaman Tugu Pahlawan ini kita bisa menikmati hijau dan luasnya lapangan sembari berfoto dengan background Tugu Pahlawan yang menjulang tinggi. Selain itu kita bisa menikmati sejuknya pepohonan dan taman-taman di samping Tugu Pahlawan. Kita bisa menikmati keindahannya di pagi maupun sore hari, karena pada siang hari cuacanya tidak mendukung terlalu panas dan bikin gerah.

Selain itu, setiap hari Minggu di sepanjang jalan area Tugu Pahlawan terdapat Pasar Mingguan yang menjual beraneka ragam kebutuhan masyarakat dengan harga yang relatif murah. Pasar ini biasanya ada pada hari Minggu pagi dan tutup jam 10 pagi. Jika para wisatawan menginginkan barang-barang yang terjangkau namun dengan kualitas yang bagus silahkan mampir ke Pasar Minggu ini.

Eits…tetapi harus waspada dengan copet ya, atau jika kalian bawa kendaraan sendiri pastikan kendaraan kalian di parkir di tempat yang aman dan jangan lupa untuk menguncinya kalo bisa pake kunci ganda.

Pokoknya, kalo kalian lagi melancong ke Surabaya, jangan lupa ya mampir ke Monumen Tugu Pahlawan dan belanja sepuasnya di Pasar Minggu pagi di tempat ini dan borong barang sepuasnya.

Alamat Museum Tugu Pahlawan & Sepuluh Nopember ada Jl. Pahlawan, Surabaya 60175, Indonesia. No Telpon : +62 31 3571100 / Fax : +62 31 3571100.

Diposting Oleh | tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya