Menu

Kebun Binatang Surabaya

Belajar Satwa di Wahan Kebun Binatang Surabaya Zoo di Jawa Timur » Bangga menjadi arek Suroboyo. Apalagi Surabaya mempunyai Kebun Binatang terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara. KBS juga populer di Indonesia, karena menyimpan lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda, dengan koleksi lebih dari 2.800 binatang. Termasuk di dalamnya, satwa langka dan dilindungi di Indonesia maupun dunia. Seperti mamalia, aves, reptilia dan pisces.

Tidak perlu khawatir dengan berita buruk tentang KBS, terkait banyaknya satwa yang mati. Para wisatawan masih bisa menikmati berbagai jenis satwa, kok. Terbukti, hingga saat ini, KBS masih menjadi primadona pariwisata dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Terutama di hari libur.

Wahan Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang tertua di Indonesia ini, memang bisa menjadi tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Juga sebagai tempat wisata bernilai edukasi tinggi. Karena bisa membantu anak-anak kecil untuk mengenal dan melihat secara langsung berbagai jenis satwa, yang selama ini hanya bisa mereka tonton di buku atau televisi.

Dengan membayar Rp. 15.000, kita bisa menjelajahi taman seluas 15 hektar, itu. Suasanya sangat rindang. Ya, kan KBS ini juga jadi paru-paru kota Surabaya. Udaranya juga sejuk dan segar. Sinar matahari juga terhalangi oleh rimbunnya pepohonan. Jadi jangan khawatir, ke KBS siang-siang juga oke.

Oiya, waktu masuk, saya sarankan untuk melihat peta KBS yang ada di depan pintu masuk. Biar tidak tersesat. Setiap kandang hewan, dikelompokkan berdasar kategori. Misalnya saja, kelompok unggas atau burung (Aves), terdapat burung pelikan, burung merak, jalak Bali dan burung Onta. Di sisi belakang, terdapar kandang primata. Di antaranya orang utan, simpanse, babon, kera ekor panjang dan bekantan.

Koleksi satwa yang dilindungi juga bisa dilihat di sini. Seperti komodo, tapir, babi rusa dan anoa. Kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan. Mengingat, sejak awal didirikan pada 31 Agustus 1916, KBS hanya sekedar untuk tempat penampungan satwa eksotis koleksi pribadi.

Kita juga bisa melihat ikan air tawar dan ikan air laut yang terletak di daerah Aquarium. Di Aquarium ini terdapat Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, berasal dari Amazone, Amerika Selatan. Di daerah ini ada juga spesies binatang reptil seperti beberapa jenis buaya, ular, iguana dan penyu. Tapi, untuk bisa masuk ke Aquarium, harus bayar lagi ya. Murah kok. 😀

Naik perahu keliling KBS

Kalau pegel, kalian bisa keliling KBS menggunakan perahu. Harganya juga murah. Rp 4.000 saja. Kita akan diajak keliling KBS dengan penumpang yang lain. Atau kalau mau yang lebih private, bisa sewa sepeda air.

Saya jamin, anak-anak pasti suka diajak ke sini. Mereka juga bisa naik gajah atau kuda. Bayarnya cuma Rp 10.000. Atau kalau mau foto-foto sama gajah, atau sekadar pegang-pegang belalai gajah, juga boleh.

Oiya, saran saya, kalau mau main ke KBS, lebih enak kalau menjelang sore hari. Karena suasananya lebih romantis dan lebih sepi. Jadi berasa punya kebun sendiri. 😛

Gimana? Asyik kan? Yakin gak mau ke Kebun Binatang Surabaya?

Kebun Binatang Surabaya
Luas: 15 ha
Dibuka: April 1918
Buka: 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk: RP 15.000
Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241.

Diposting Oleh | tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya