Menu

Wisata di Malang

Daftar Tempat Wisata di Malang dan sekitarnya yang bagus dengan view pemandangan indah. Tempat instagramble yang cocok untuk rekreasi & liburan.

Wisata di Malang

Daftar Isi :

Malang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang berjarak kurang lebih 90 kilometer dari ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Kota Malang dikelilingi oleh Kabupaten Malang, dan keduanya disebut Malang Raya.

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur dan terkenal sebagai kota pelajar. Ia tidak hanya kota Jogja yang mendapat julukan sebagai kota pelajar, akan tetapi Malang juga disebut sebagai kota pelajar karena memiliki beberapa perguruan tinggi terbaik.

Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini mempunyai potensi sebagai tujuan pariwisata di propinsi Jawa Timur. Kini tempat wisata Malang banyak menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Wisata Malang Jatim sekarang telah jadi primadona, pesona alam, pantai maupun wisata edutaintmentnya membuat animo pengunjung semakin tinggi.

Objek Wisata Menarik di Malang

Malang memiliki sejumlah tempat wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Mulai dari panorama alam yang indah, khas dataran tinggi hingga wisata kuliner yang menarik hati.

Secara lengkap objek wisata Malang adalah sebagai berikut:

#WISATA ALAM

objek wisata alam di malang

Berikut beberapa objek wisata alam yang ada di Malang Raya dan sekitarnya:

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang memiliki tiga pulau dengan jarak sekitar seratus meter masing-masing, dua di antaranya telah terhubung dengan satu meter lebar jembatan ke Pantai Balekambang, Pantai Balekambang menawarkan suasana yang berbeda dari pantai di bagian Selatan Malang. Salah satu dari tiga pulau yang disebut pulau Ismoyo memiliki candi Hindu, yang didirikan oleh Masyarakat Hindu lokal.

Setiap tahun, ritual dan upacara adat Jalanidhipuja (upacara Hindu) dan Suran (Upacara Tahun Baru Jawa) diadakan di sini setiap tahun. Tempat parkir, warung, penginapan, toko suvenir, dan fasilitas lain pariwisata telah disediakan untuk para pengunjung.Pantai Balekambang merupakan Pantai yang indah dan terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur,Malang,Jawa Timur, sekitar 57 km di selatan dari Malang dan mudah dicapai dengan transportasi umum.

Kunjungi Wisata Pantai Balekambang dan nikmatilah gelombang ombak yang besar dan sangat menyenangkan dengan angin laut yang nyiur melambai Melihat matahari terbenam dan matahari terbit di pantai Balekambang ini dan melakukan beberapa kegiatan pantai, seperti; berenang, mandi matahari, dan memancing.

2. Air terjun Coban Pelangi

Air terjun Coban Pelangi merupakan sebuah air terjun yang indah, yang terletak sekitar 32 km ke Timur Malang. Memiliki air alami, dingin, dan bersih yang memberikan kesan damai. air terjun Coban Pelangi ini dapat dicapai dalam perjalanan ke Gunung Bromo melalui kota Malang. Air terjun coban pelangi dapat ditempuh dari kota Malang jawa timur sekitar 2 jam perjalanan ke desa Tumpang dengan naik Kendaraan Roda 4 Maupun Roda 2.juga bisa menggunakan jasa angkutan mikrolet.

Sampai di Tumpang perjalanan bisa dilanjutkan menuju desa Ngadas atau ke Ranupane. Perjalan sekitar 40 menit melewati perbukitan serta perkebunan apel dan ketika memasuki hutan ,
Anda akan disajikan pemandangan indah jurang di kanan maupun kiri anda , Sampai di gerbang utama Air terjun coban pelangi,kita bisa langsung berjalan menyusuri jalan setapak menuju air terjun sekitar 3 KM. Perjalanan lumanyan mengasikan karena naik turun ,sampai di sebuah pos peristirahatan disebuah bukit dengan pemandangan sangat indah

Cari penginapan dengan pemandangan pegunungan yang indah, panorama yang indah, melihat kebun buah apel dan sayuran. Situs Air terjun Coban Pelangi berada di desa Gubuk Klakah, Poncokusumo,Kabupaten Malang, Jawa Timur.Para pengunjung akan di bawa untuk menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja Air Terjun Coban Pelangi yang indah serta eksotik. Kunjungi Air terjun Coban Pelangi di Kabupaten Malang.

3. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo adalah air terjun yang cantik di lereng Gunung Panderman yang berjarak kurang lebih sekitar 32 km ke arah barat dari kota Malang, sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi.dengan melewati rute kota Malang-Pujon.sesampainya di pujon akan ada Gapura Selamat Datang Di Kawasan Wisata Air Terjun Coban Rondo

Ketinggian air terjun Coban Rondo ini sekitar 60 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati panorama yang indah dan kesan damai di sekitar air terjun.

Fasilitas: ground camp, jogging track, memancing atau bermain dengan gajah dari Gajah ‘Sekolah Waykambas Lampung – Sumatra.
air terjun ini terletak di desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur (sekitar 32 km ke Barat dari Kota Malang).

Kunjungi air terjun Coban Rondo pariwisata dan menikmati pemandangan alam dengan udara segar.

4. Bendungan Karangkates

Obyek wisata Bendungan Karang kates ini tidak banyak berbeda dari taman rekreasi lainnya di Kabupaten Malang. Di tempat ini, namun pengunjung juga bisa mendapatkan kesan damai dengan memancing, berperahu, skying atau sekedar menikmati panorama indah di sekitar danau.

Fasilitas yang ada di sekitar Objek wisata Bendungan Karang Kates diantaranya golf dan lapangan tenis, camping ground, dan banyak lainnya. aksesibilitas yang dapat dicapai, terletak di desa Karangkates, Kecamatan Sumber pucung,Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 40 km ke bagian Selatan-Barat dari Kota Malang .

Kunjungi Bendungan Karangkates taman rekreasi di bidang pariwisata dan menikmati pemandangan Malang sifatnya. Anda juga memungkinkan untuk kegiatan perkemahan di sini. Dibangun cenderung dan menghabiskan liburan Anda di obyek wisata yang indah di Kabupaten Malang.

5. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah salah satu daerah pantai di bagian selatan Kabupaten Malang,Jawa Timur. yang bebas dari tumulous gelombang Samudera Hindia akibat keberadaan Pulau Sempu , sekitar 300 meter lepas pantai.

Pantai Sendang Biru

Di sisi lain dari pantai sekarang memanfaatkan ‘sebagai Pelabuhan Perikanan dan debarkasi Pusat Ikan PPI di mana nelayan hasil tangkapan mereka turun di mana keduanya berada di bawah kewenangan Dinas Perikanan dan Dikelola oleh KUD (Koperasi Unit Desa), “Mina Jaya Pondok Dadap “.

Secara resmi, pantai Sendang Biru ini dikelola oleh Perusahaan Negara milik Forestay yang sejauh ini telah disediakan pantai dengan penginapan, rumah tamu, warung, penjaga rumah, perahu, dll

Untuk mencapai Pantai Sendang Biru, pengunjung dapat mengambil transportasi publik yang bisa diakses bernama “Mikrolet” untuk Gadang – Turen – Sendang Biru. Sendang Biru sekitar 70 km ke selatan dari Malang di desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang.

Kunjungi pantai indah Sendang Biru dan menikmati ombak yang menarik dengan pasir putih yang menyebar di sepanjang pantai.

6. Gunung Kawi Malang

Sebagai sebuah desa wisata ziarah, Wonosari – Gunung Kawi. telah banyak yang indah, istimewa dan mengesankan panorama pegunungan, yang tercatat sebagai salah satu desa yang paling menarik di bagian Selatan-Barat Kabupaten Malang.

Kebanyakan orang tahu bahwa desa ini memiliki situs khusus di mana makam kakek Iman Soedjono, salah satu dari tujuh puluh bangsawan yang mengambil versus senjata pendudukan Belanda yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro pada 1825-1830. Di samping makam kakek Iman Soedjono berbohong makam kakek Djoego atau Kiai Zakaria II,

seorang tokoh lokal yang pertama kali memelopori teknologi baru dalam pertanian saat itu. Biasanya pengunjung yang datang untuk mengunjungi tempat ziarah ini percaya bahwa akan membawa keberuntungan untuk karya mereka, kehidupan masa depan, seperti: perdagangan, membuat pertanian kesehatan, dll

Waktu disarankan untuk mengunjungi sepulchers kudus adalah lazim pada hari Kamis malam atau “Jum’at Legi” Kalender (Jawa). Makam itu sendiri sudah lama dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kedua ziarah dan wisatawan.

7. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep merupakan pantai berbatu yang indah yang berada di bagian selatan Kawasan Kabupaten Malang, dimana gelombang ombak bertemu terumbu karang yang berada di pantai ngliyep. Selain itu,pantai ngliyep memiliki sebuah pulau dengan hutan tropis hijau.pantai Ngliyep memberikan pesona lebih untuk wisata pantai. Pantai ngliyep ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: warung, toko souvenir, penginapan, dll

Setiap tahun upacara tradisional Labuhan Mulud (upacara kurban) yang diadakan di Pantai Ngliyep. Labuhan Mulud adalah upacara tradisional yang selalu diadakan di pantai ngliyep yang berada di Kabupaten Malang.

Pantai Ngliyep terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo,Kabupaten Malang, Jawa Timur. sekitar 62 km jalan ke selatan dari Malang. Kunjungi Pantai Ngliyep dan menikmati ombak yang indah. Para pengunjung dapat berenang, berjemur dibawah panas matahari, atau memancing di sini.

Nah, itulah beberapa wisata alam yang ada di Malang, selanjutnya wisata belanja.

#WISATA BELANJA

wisata belanja di Malang

Berikut wisata belanja di Malang yang akan melengkapi liburan di Malang dan sekitarnya.

1. Pasar Burung dan Ikan Hias Splendid

Bagi Pembaca yang mempunyai hobby memelihara burung atau ikan hias atau mungkin membutuhkan hewan untuk praktikum pelajaran biologi, mungkin pasar Burung Kota – Splendid adalah tempat yang tepat untuk memenuhi hobby dan kebutuhan tersebut.

Selain itu pembaca juga dapat membawa si buah hati hanya untuk sekedar melihat-lihat dan mengenalkan hewan yang ada di sekitar kita, anggap saja sebagai “Kebun Binatang” mini dan gratis tiket masuk hanya membayar tiket parkir saja kalo kita membawa kendaraan bermotor. Ya.. bisa lah dianggap sebagai wisata gratis. — Pasar Burung Splendid ini berada di jalan Brawijaya, dekat dengan jalan Mojopahit. Untuk dapat mencapai Pasar Burung Splendid ini, anda bisa naik angkot (mikrolet) jalur ADL kalo dari landung sari dan jalur GA kalo anda dari Arjosari atau Gadang.

Di Pasar Burung Splendid ini terdapat banyak sekali binatang, khususnya ikan hias dan burung. Selain itu suasana yang sejuk dapat membuat kita merasa betah untuk berlama-lama disana sambil menikmati ikan hias.Selain ada pedagang yang menjual burung dan ikan hias, di Pasar Burung Splendid ini tersedia juga perlengkapan aquarium dan ubo rampenya untuk segala keperluan untuk hewan peliharaan. Bagaimana, anda ingin memelihara burung atau ikan hias? Langsung saja datang ke Pasar Burung Splendid ini.

2. MITRA II Dept Store & Supermarket JL. LetJen Sutoyo 32-34 Telp : 491939
3. PLASA GAJAHMADA JL. KH Agus Salim 18 Telp : 366589
4. PLASA DIENG JL. Raya Langsep 2 Telp : 568030
5. PLASA MALANG JL. KH Agus Salim 28 Telp : 324674
6. SARINAH DEPARTEMENT STORE JL. Basuki Rachmad 2A Telp : 364523
7. MATAHARI DEPT. STORE JL. Pasar Besar 1-2 Telp : 325569
8. RAMAYANA DEPT. STORE JL. Merdeka Timur Telp : 369733
9. ALFA SUPERMARKET JL. A. Yani 2 Telp : 490023
10. HERO SUPERMARKET JL. Basuki Rachmad 2A Telp : 369085
11. MITRA I Dept Store & Supermarket JL. KH Agus Salim 10-16 Telp : 327987

#WISATA BUDAYA

wisata budaya malang

Berikut beberapa kebudayaan yang menjadi objek wisata menarik:

1. Candi Singosari

Candi Singosari, juga dikenal sebagai Candi Kendedes, didirikan untuk menghormati Raja Kertanegara, raja terakhir dari dinasti Singosari yang meninggal pada tahun 1292 AD. Ini didirikan pada 1300 masehi di saat yang sama ketika ritual Sradha terjadi. Di sekitar candi terdapat dua patung raksasa yang disebut Dwarapala, yang diyakini penjaga pintu masuk ke istana.

Candi Singosari ini telah disimpan cerita sejarah yang selalu diingat oleh publik Malang. Namun, Candi Singosari merupakan simbol eksistensi Kabupaten Malang dari tahun lalu.

Candi Singosari adalah candi Hindu – Buddha peninggalan bersejarah Kerajaan Singhasari yang berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Sebagai candi Jawa Timur lainnya, Candi Singosari terbentuk dari batu bata merah dan diatur dalam membangun kerucut, disebut candi. Candi ini juga memiliki relief cantik yang menggambarkan besar Kerajaan Singosari tahun lalu.

Berdasarkan penyebutannya pada Kitab Negarakertagama pupuh 37:7 dan 38:3 serta Prasasti Gajah Mada bertanggal 1351 M di halaman komplek candi, candi Singosari ini merupakan tempat “pendharmaan” bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang mangkat pada tahun 1292 akibat istana diserang tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Kuat dugaan, candi ini tidak pernah selesai dibangun.

2. Candi Jago

Candi Jago dibangun pada 1275 – 1300 AD. Hal ini diyakini sebagai tempat pemakaman abu Raja Wisnuwardhana, raja keempat dari kerajaan Singosari. Hal ini sangat menarik bahwa candi memiliki kesamaan ornamen kepada mereka Candi Penataran di Kabupaten Blitar. Itu terletak di Desa Jago, Kecamatan Tumpang, bagian timur Malang,Jawa Timur (sekitar 22 km).

Kunjungi candi bersejarah di Malang pariwisata. Cari relief cantik dan bentuk candi yang unik di Candi Jago.

3. Candi Kidal

Candi Kidal terletak di desa Rejo Kidal, Tumpang kabupaten Malang,Jawa Timur. berada sekitar 24 km ke Timur dari kota Malang. Real Tinggi candi 17 meter, tapi sekarang itu hanya 12,4 meter. Candi Kidal adalah salah satu kuil bersejarah Malang yang menyimpan nilai sejarah.

Dasar candi berbentuk segi empat. Pintu merupakan salah satu di sisi barat. Di atas pintu kuil, ada “Kepala Kala” (Head of Giants) dan singa. Candi yang dihiasi dengan ornamen, yang menggambarkan cerita Mahabharata tidak secara berurutan.

#WISATA KERAJINAN

Tempat Wisata Kerajinan Malang

1. Industri Keramik Dinoyo

Lokasinya terletak di Jl. MT Haryono Kelurahan Dinoyo. Dekat dengan sarana dan prasarana umum namun prasarana transportasinya kurang memadai, lebar jalan yang kurang memenuhi syarat sebagai lokasi yang strategis, dan area parkir yang tidak memadai.

Tenaga kerja sebagian besar terdiri dari keluarga dan tetangga sekitar sehingga industri ini dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam peningkatan perekonomian masyarakat setempat. Memiliki prospek yang cukup bagus untuk dikembangkan karena tidak hanya dipasarkan dalam kota saja, namun jaringan pemasarannya sudah mencapai luar kota, bahkan luar negeri.

Produk kerajinan keramik ini adalah aneka souvenir pernikahan, tempat air, dll. Teknologi yang digunakan masih sederhana, bahan baku mudah didapatkan. Kendala yang dihadapi adalah masalah permodalan (meliputi keuangan dan peralatan) dan pemasaran hasil produksi, serta peningkatan sarana jalan untuk peningkatan kenyamanan konsumen.

2. Pusat Kerajinan Kendedes

Kabupaten Malang memiliki pusat kerajinan bernama “Pusat Kerajinan Kendedes” atau Pusat Kerajinan Kendedes. Perkembangan teknologi membawa masyarakat Malang menjadi masyarakat yang dinamis. Ada banyak industri rumah tangga yang melaksanakan sumber alam, seperti; chip industri yang menggunakan ubi kayu, ubi, dll, sebagai bahan utama. Wooden sandal dan industri kerajinan lainnya telah mengembangkan lebih cepat.

potensi ini telah menarik wisatawan asing dan domestik banyak untuk mengeksplorasi pariwisata Malang. Mereka menarik tentang Malang kerajinan dan suvenir. Untuk meningkatkan potensi ini, Kabupaten Malang menyiapkan industri rumah tangga untuk menjadi daerah pusat kerajinan tangan. Salah satunya adalah Center Of Kerajinan Kendedes. Hal ini menjual berbagai macam produk kerajinan, seperti: aksesoris, kerajinan kayu, tas unik, dll Produk-produk itu adalah produk buatan tangan, yang dibuat oleh Malang pemahat dan perajin.

5. WISATA KULINER

Wisata Kuliner Malang

1. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo adalah satu-satunya rumah makan di Kota Malang yang menyajikan menu khusus dari daging kambinng.

Dengan membuka warungnya di Jl. Kapt Tendean 1, rumah makan ini cukup terkenal dengan menu sate kambingnya. Memang, rumah makan yang satu ini begitu lekat dihati orang Malang. Saking lezatnya sate ini tak hanya orang Malang saja yang terpikat, banyak pendatang maupun orang luar yang menyempatkan diri hanya untuk menikmatinya.
Rumah makan Cairo yang berdiri sejak tahun 1952 ini menjadikan daging kambing sebagai bahan utama dari setiap menu yang disajikannya. Sate Cairo misalnya, sajian ini merupakan sajian utama yang sangat terkenal. Dengan sekali lirik saja, selera makan anda langsung tergoda untuk mencicipinya. Sate ini disajikan dengan irisan daging yang lumayan gede. Dalam penyajiannya, dibubuhi saus kacang tanah ditambah tempah-rempah alami.

Rumah Makan Cairo, Suguhkan Selera Timur Tengah tanpa penyedap rasa buatan. Ini turut melahirkan rasa sate yang gurih dilidah dan alami. Beberapa hidangan pembuka turut disediakan. Salah satunya adalah sup ala Cairo. Sup Marak ini menggunakan rempah-rempah dari Timur Tengah, yang isinya daging kambing ini terlihat bening kekuning-kuningan. Sehingga, sup ini sangat tepat disajikan untuk mengawali santapan anda. Selain Sup Marak, ada pula sup kacang hijau yang lezat bila disantap dengan dengan roti Mariam.

Hidangan utama lain yang juga disediakan oleh Rumah Makan Cairo adalah gule kikil, kambing goring, martabak, krengsengan. Selain itu, nasi kebuli adalah pilihan tepat jika kita ingin menyantap makanan khas Arab selain sate. Karena, nasi ini dimasak secara khusus dengan mencampur lebih dulu bahan-bahanya seperti, daging kambing, rempah-rempah serta beras sebelum dimasak. Untuk nasi kebuli ini, Cairo sengaja menyajikannya pada hari hari tertentu, yakni hanya hari kamis dan Minggu.

Selain makanan pembuka dan makanan utama, tersedia juga menu penutup dan minuman. Di rumah makan ini, disediakan minuman yang disebut-sebut sebagai minuman khas Rumah Makan Cairo yang dinamakan minuman ITB atau Isi Tenaga Baru. Sesuai dengan namanya, minuman ini cocok dibilang sebagai jamu Cairo. Konon, minuman ini bermanfaat untuk memulihkan stamina atau kesehatan anda. Jadi, jangan ragu untuk mengajak anggota keluarga dan rekan bisnis untuk menikmati cita rasa baru dalam bersantap. Karena Cairo saat ini telah membuka dua cabang baru di Tlogo Mas Malang, serta Jl. Panglima Sudirman Batu.

2. Rujak Manis Semeru

Bagi penggemar rujak manis, nama “Rujak Manis Semeru” tidak asing ditelinga. Apalagi orang Malang, pasti sudah banyak yang mengenal nama tenda rujak manis yang berada di Jalan Semeru. Kehadiran rujak manis yang lebih dari 20 tahun ini, juga dikenal orang luar Malang. Tak sedikit pendatang luar Malang selalu mampir untuk sekedar menikmati sajian rujak asli bikinan Ibu Ponidi ini. Rujak manis ini memang banyak digemari orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, hidangan para pejabat babyak yang menyukainya. Dengan penampilan porsi jumbo, bahan-bahan pilihan yang selalu segar dan bumbu alammi menjadi penggoda pada siapapun yang melewatinya.

Manisnya Rujak Semeru

Menurut Bu Ponidi, gula merah yang dipakai sengaja didatangkan dari Blitar, sebab, selain warna gula yang merah pekat rasa gula merah asli Blitar sangat gurih dan cocok bila dipakai sebagai bumbu rujak manis.

Demikian dengan kacang tanah. Khususnya untuk kacang tanah yang digunakan untuk sausnya harus didatangkan dari Tuban. “saya ingin rasa rujak manis bikinan saya ini lain dari pada yang lain. Karena itu saya sangat memperhatikan bumbu-bumbu yang digunakan”, kata Bu Ponidi kepada ijenews sambil meracik bumbu rujak manis di warunng rujaknya. Selain itu, ia pun menjelaskan jika bumbu tidak boleh tersisa dan dipakai untuk keesokan harinya. Sebab, bila seperti itu bisa mempengaruhi rasa rujak.

Demikian dengan buah-buahan yang dipakai, Rujak Manis Semeru ini selalu memilih buah yang masih segar dan tidak terlalu masak. Seperti buah pepaya ataupun melon. Tak heran jika begitu babyak orang yang memburu tenda Rujak Manis Semeru ini dan tidak pernah merasa sia-sia merogoh uang sebesar Rp 6 ribu. Meski saat ini tenda Rujak Manis Semeru dibilang sudah cukup terkenal, namun Bu Ponidi tak berminat membuka cabang di mall-mall ataupun cabang di mall atau ruko, kekhasan yang Rujak Manis Semeru miliki akan hilang.

3. Ratna Cake And Bakery

Selain melambangkan rasa cinta, coklat juga-diyakini- bisa untuk menghilangkan stress. Coklat dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti batangan, bubuk, ataupun pasta.

Cara penyajian lainnya yang begitu memikat berhasil diciptakan oleh Ratna Bakery. Pada makanan yang di beri nama Black Velvet ini menurut pemilik Ratna Cake and Bakery, Ratna, mulai dari cake hingga hiasan untuk menggarnisnya terbuat dari coklat. “Pembuatanya tidak begitu rumit, bahan-bahan yang dipakai sama seperti bahan dasar untuk membuat cake. Tapi untuk black velvet ini, coklat lebih banyak dipergunakan, “ tutur Ratna ketika mengungkapkan cake kreasi terbarunya itu.

Meskipun cake yang terbuat dari coklat sudah banyak dikenal orang, tetapi lihatlah tampilan permukaan Black Velvet yang satu ini. Warna coklat anggun yang terpancar seolah hamparan beludru.

Meskipun banyak orang yang bisa membuat cake coklat, namun Ratna memiliki tips khusus yang terang saja berbeda dengan yang lain. Di sini, nampaknya, Ratna tidak keberatan untuk sedikit mengungkap rahasia resep black velvet-nya itu. “Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cake coklat harus dilapisi dulu dengan coklat ganache atau coklat yang sudah diolah dengan cream yang tidak mudah membeku. Sehingga menghasilkan rasa yang lembut,” ujarnya. Setelah itu, lanjut Ratna, untuk mendapatkan tampilan cover yang mirip dengan kain beludru, coklat yang sudah dicairkan dimasukkan dalam semprotan airless dan kemudian disemprotkan ke cake yang hasilnya seperti kain bludru. Setelah itu coklat bisa dihias dengan buah strawberry ataupun cherry.

Selain tampilanya yang mirip dengan kain bludru yang lembut, cake ini juga dipermanis lagi dengan hiasan-hiasan buah Strawberry segar yang manis rasanya. Buah Cherry segar pun dapat dirangkai sebagai pemanis pada sajian. Dengan formulasi resep dan cara pembuatan seperti itu, aroma coklat pekat dan segarnya buah strawberry serta Cherry yang melekat pada Black Velvet mampu menyiratkan kelezatan panganan yang satu ini. Kelezatan dan keangguanan bentuk cake yang satu ini memang sebanding dengan harga jsekitar Rp 150 hingga 500 ribu.

Bagaimana anda penasaran dengan Black Velvet ala Ratna Cake and Bakery? Anda bisa segera memesanya, karena cake ini cocok diberikan sebagai hadiah ulang tahun, ataupun even-even hari raya.

4. Club House Dieng

SUASANA sejuk, jauh dari kebisingan orang dan kendaraan begitu terasa ketika memasuki kawasan elit Istana Dieng. Lokasinya hanya lima kilometer dari pusat Kota Malang. Jika ditempuh denganberkendaraan, Cuma 7 menit ddari Alun-alun Kota Malang. Di kompleks ini, disediakan tempat refreshing, yang disebut orang dengan Club House Istana Dieng.

Pesona Club House Dieng

Mampir di club House Dieng, anda akan mendapatkan suasana refreshing yang lengkap. Di sana juga dilengkapi sarana olahraga yang komplit. Lapanngan tennis,fitness center, kolam renang, arena bowling, dan billiard yang bisa dipergunakan setiap saat. Lebih dari itu, sirkuit gokart pun tersedia. Anda tinggalmemilih.

Arena bowling di Club House Dieng merupakan arena bowling pertama di Malang. Tempat ini begitu cocok bagi eksekutif muda. Kehadiran arena bowling ini menjadi daya tarik dan menyedot pengunjung, “ Disini memang Asyik dipakai untuk weeked. Kalangan eksekutif muda banyak yang bowling disini”, ucap Manager Operasional Clup House Istana Dieng, Fajrul Islam.

Kolam renangnya pun berbeda dengan yang lainnya. Di sini kita bisa berenang sambil mendengarkan musik meski berada didasar kolam. Karena di dasar kolam dipasangi speaker-speaker. Pada kolam renang ini juga digunakan system ozon yang sangat membantu menyehatkan tubuh.

Selepas berolah raga, anda bisa menikmati menu-menu yang disediakan. Di restauran yang ditata dengan suasana apik dan romantis itu, anda tinngal memilih menu yang cocok, untuk gala dinner bisa dipilih sajian menu Japanese food, Prosteak, serta Nestcafe. Yang pasti, sangat cocok bagi anda dan pasangan atau keluarga. Disamping lezatnya menu makanan, disediakan juga tempat khusus bagi yang ingin menikmati indahnya malam.

Dengan berhiaskan sang rembulan malam dan pantulan lilin kecil, siapapun pasti enggan untuk beranjak dari sana. Kendati hari libur, Club House Istana Dieng tetap buka mulai pukul 06.00 WIB –21.00 WIB.

5. Padi Resto

Malang “Padi Resto”, sebuah nama yang tidak asing ditelinga, apalagi bagi mereka yang menggemari nuansa-nuansa klasik.

Di resto yang satu ini, beberapa pohon rindang cukup memberikan keteduhan. Ditambah dengan bebungaan yang tumbuh dan tertata apik menambah ke khasan Padi Resto semakin nampak. Semenjak didirikan, Padi Resto memang dipola untuk memberi kesan kultur tanah air pada pengunjungnya. Aneka benda antik seperti kendi, tudung saji, cangkir kuno, guci, kujang, dan beberapa lukisan menarik dari Swandi dan Avandi sengaja dipajang dalam sebuah gallery didesain cukup unik. Malah, benda-benda seni itu bisa dibeli oleh pengunjung. Bagi mereka yang ingin menikmati weekend dengan suasana yang tenang dan nyaman, apa salahnya jika menikmati keindahan Padi Resto yang juga turut mengantar kita untuk mengenal kebudayaan Indonesia.

“kita memang desain sedemikian rupa sehingga setiap pengunjung yang hadir tidak mudah bosan. Sebab kami ingin pengunjung tidak hanya sekedar menikmati makanan saja, tetapi juga untuk lebih mengenal budaya Indonesia”, terang Catur, salah satu koordinator di Padi Resto.

Tak kalah dengan resto-resto lain. Padi Resto pun menyuguhkan menu yang mampu mengundang selera. Steak Slamon misalnya, steak ini merupakan menu unggulan yang bisa kita nikmati sambil mendengarkan live music dari berbagai daerah. Bukan itu saja, seriap saat anda akan disuguhi menu yang berbeda dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain untuk ber-weeked, Padi Resto juga menyediakan tempat khusus untuk meeting. Jadi meeting yang biasa dilakukan di kantor dengan suasana ruangan serta hiruk-pikuk tempat kerja, bisa dipindahkan ke tempat yang bisa memberikan ketenangan. Termasuk acara special seperti pesta pernikahan dapat diselenggarakan di tempat ini.

#WISATA SEJARAH

wisata sejarah di malang

1. Stadion Gajayana

Lokasinya di Jl. Gelanggang Malang. Stadion Gajayana adalah Stadion kebanggaan Warga Kota Malang yang sebenarnya sudah sejak lama berdiri. Instruksi pembangunannya oleh Walikota Buse Maker pada tahun 1926. Dari data tersebut bisa ditatakan kalau Stadion Gajayana merupakan Stadion tertua di Indonesia. Karena di beberapa Stadion besar baru dibangun pada tahun-tahun sesudah itu. Seperti Stadion Tambak Sari Surabaya pada tahun 1940, Gelora Bung Karno (1962). Pada awalnya nama Stadion ini bukan Gajayana melainkan Malang Stadium. Namun pada era kepemimpinan EBES SUGIYONO (1978 – 1987) namanya diganti menjadi Stadion Gajayana. Nama Raja Kerajaan Kanjuruan.

Stadion berkapasitas 30.000 tempat duduk ini dijadikan markas bagi kesebelasan AREMA dan PERSEMA dalam laga kandang. Meskipun tidak menutup kemungkinan dipakai dalam berbagai acara seperti acara musik dll. Baru-baru ini pemerintah Kota Malang berinisiatif untuk merenovasikan total kompleks olah raga tersebut menjadi kawasan olah raga bernuansa hiburan yaitu MOG atau Malang Olympic Garden. Salah satu ikon wisata yang tidak pernah hilang seiring proses renovasi adalah Pasar Tugu (Pasar Sabtu Minggu). Pasar kaget yang muncul seminggu sekali ini menyediakan berbagai kebutuhan hidup warga Malang mulai dari pakaian, kebutuan rumah tangga, makanan dan minuman dll.

2. Museum Brawijaya

Berbeda dengan tempat wisata yang lain. Museum adalah tempat wisata yang bertujuan untuk mengingatkan kita pada kejadian di masa lampau. Dan merupakan wisata sejarah dan kejuangan yang banyak memberikan pendidikan sejarah bagi pelajar maupun kalangan umum yang berkunjung. Begitu juga museum brawijaya yang berada di kota Malang. Museum ini berisi benda-benda bersejarah pada zaman perang kemerdekaan hingga koleksi foto-foto malang pada tempo dulu.Terletak di jalan Ijen no 25 Malang. Museum brawijaya diresmikan pada tanggal 4 mei 1968.Dengan luas mencapai 6825 m2, terbagi atas 2 area utama. Yaitu area pamer dan perkantoran.

Di depan museum dipajang koleksi tank yang digunakan pada pertempuran 10 november 1945 di Surabaya Kemudian senjata penangkis serangan udara yang disita oleh BKR pada September 1945 dari tangan tentara Jepang. Meriam cannon 3,5 Inch yang diberi nama “Si buang”. Tank AMP-Track yang digunakan dalam pertempuran para pejuang TRIP.

Koleksi di dalam museum juga tak kalah menarik. Antara lain koleksi senjata yang digunakan pada zaman kemerdekaan. Foto-foto jaman perang kemerdekaan. Foto-foto pemberontakan. Foto-foto Malang Tempo Dulu, komputer jadul jaman dahulu kala yang cukup besar walau hanya digunakan untuk menghitung, benda peninggalan panglima besar Sudirman dan lain-lain. Terdapat juga gerbong maut yang menjadi ikon dari museum ini.

Semboyan dari museum Brawijaya Malang adalah “Citra Uthapana Cakra”. Dari bahasa San sekerta Citra berarti Sinar, Uthapana berarti Yang Membangkitkan, dan Cakra adalah Kekuatan. Berarti jika disatukan arti semboyan tersebut mempunyai makna “Sinar Yang Membangkitkan Kekuatan”.

Untuk pengunjung, Museum Brawijaya Malang terhitung cukup terkenal, mulai dari sabang sampai merauke, bahkan dari luar negeri juga pernah mengunjungi Museum tersebut, diantaranya Australia, Jepang, China, Amerika dan Negara-negara besar lainnya

Ayo bantu melestarikan peninggalan sejarah dengan datang ke museum, tiket masuk sekitar Rp.2000 untuk perawatan benda-benda peninggalan sejarah bangsa kita.

3. Monumen Melati Kadet Suropati

Lokasi di Jl. Ijen Malang. Monumen ini didirikan untuk menghormati seluruh komponen yang terlibat selama proses pembelajaran Militer di Akademi Militer Malang Divisi VII – Suropati selain sebagai wujud penghormatan ditujukan juga sebagai persembahan untuk mengenang seluruh pendiri, tenaga pendidik dan senior-senior di TNI. Monumen ini berbentuk 2 buah pilar utama setinggi 7 m yang melambangkan 2 Brigade yang ada disana. Pada puncaknya terdapat kelopak Melati setlnggl 4 m terbuat dari Perunggu berhelai 11, melambangkan bulan lahirnya Sekolah Kadet Suropati. Gambar “HONGAARSE KRUL” pada pilar utama melambangkan Badge yang dulu dipakai oleh siswa didik sekolah Kadet Suropati. Monumen Melati atau Kadet Suropati Ini diresmikan pada tanggal 17 Desember 1982 oleh KASAD Jend. TNI Poniman. Biaya pembangunan sebesar Rp. 103.000.000,- yang di tanggung oleh alumni. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri.

Pendirian monumen ini digagas oleh Kepala Staf Operasi Divisi VIII, Mayor Mutakad Hurip setelah beliau pulang dari pertempuran di Surabaya yang pertama, sebelum meletus pertempuran yang ke-2 pada tanggal 10 November 1945. Pembukaannya sendiri diumumkan oleh Mayor Jendral Imam Sujai selaku komandan Divisi VIII pada awal bulan November 1945. Ditegaskan pula bahwa lulusan sekolah tentara Divisi VII Malang sama dan sederajat dengan akademi militer di Jogjakarta. Istilah ‘Perwira’ pengganti Opsir dan istilah ‘Taruna’ pengganti Kadet diakui Nasional terlahir dari Malang karena Kota Malang dalam bidang istilah bahasa memang selangkah lebih maju. Hal ini dapat dibuktikan pada Syair lagu mars Kadet Malang yang berjudul ‘Mars Taruna Perwira’ (Moehkardi, 1979 : 192).

Sekolah Tentara mula-mula menempati bekas gedung Meisjes HBS, beberapa bulan kemudian pindah ke gedung Eropees che Lagere School (Susteran Corjesu) dan setelah sekolah ini benar-benar tidak mampu menampung peminat, pindah ke bekas Asrama Marine Belanda di jalan Andalas, komplek Angkatan Laut sampai tahun 1947.

4. Perpustakaan Umum Kota Malang

Terletak di Jl. Ijen No. 30 A Malang. Bangunan yang baru saja selesal dibangun pada tahun 2004 ini sebenarnya sejak lama berdiri yaitu pada tanggal 17 Agustus 1965. Perannya sebagai media pembelajaran sangat tepat apabila dijadikan tempat kunjungan untuk mencari referensi ilmu ataupun untuk menyalurkan hobi membaca. Koleksinya lengkap dan meliputi seluruh usia.

Terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruangan bacaan dewasa, anak-anak dan umum. Dan fasilitas terbaru yang ditawarkan adalah pelayanan tentang Pariwisata Kota Malang yang secara lengkap bisa didapatkan di Tourist Information Center.

5. Monumen TGP (Monumen Tentara Genie Pelajar)

Monumen TGP atau Monumen Tentara Genie Pelajar didirikan pada 7 Juli 1989, dimaksudkan agar generasi muda senantiasa ingat akan perjuangan para pahlawan. Monumen ini berbentuk 17 pilar disekelilingnya 3 lantai dasar, 4 pilar penopang patung dan 5 lapis tempat landasan patung. Juga dikombinasikan akan menghasilkan 17-8-45 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Akses bisa dicapai lewat dari jalur GL dan ADI dari terminal Landungsari dan LDG dari terminal Gadang.

#WISATA PETUALANGAN

Paralayang

1. Paralayang

Olahraga paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang. Parasut atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.

Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Peralatan paralayang sangat ringan, berat seluruh perlengkapannya (parasut, harness, parasut cadangan, helm) sekitar 10 – 15 kg. Peralatan paralayang juga sangat praktis karena dapat dimasukkan ke dalam ransel yang dapat digendong di punggung. Olahraga Paralayang juga sangat kecil ketergantunganya dengan wahana lainnya.

Menikmati udara bebas siapa yang tak suka? Olahraga paralayang adalah olahraga di alam bebas. Kalau anda pernah bermimpi jadi burung, maka terbang dengan paralayang adalah salah satu kenyataan yang dapat anda lakukan. Hanya dengan memanfaatkan angin anda dapat melayang-layang tinggi di angkasa luas dan merasakan desiran angin dalam kesunyian. Bayangkan saja, beberapa saat sebelumnya anda menginjak bumi namun beberapa saat kemudian anda sudah memandang bumi dari sisi lain, dari sebuah ketinggian di angkasa raya. Ini adalah sensasi lain yang tidak semua orang dapat melakukannya. Sensasi ini tentu saja berbeda dengan kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda melayang di ketinggian secara tidak langsung anda akan lebih menghargai kehidupan anda dengan cara lain.

Ketika anda telah cukup mahir maka anda akan lebih menikmati penerbangan anda, ketrampilan yang anda punyai membuat anda lebih percaya diri. Kalau cuaca mendukung maka anda akan dapat terbang sesuai keinginan anda. Mau terbang tinggi, atau mau terbang jauh itu terserah anda. Berikutnya tentu anda sendiri yang akan merasakan bagaimana asyik dan nikmatnya terbang dengan paralayang.

#WISATA PENDIDIKAN

Universitas Merdeka Malang

1. STIKES Kendedes

Yayasan Kendedes Malang didirikan pada 12 Juni tahun 2000 melalui akta notaris nomor 65 Juncho 59 pada tahun 2002. Saat itu, terbit ijin akademi kebidanan dengan nomor HK.00.SJ.SK.H.0081. Kemudian pada tahun 2006 ada pengalihan perijinan daru Pendiknakes ke Dirjen Dikti dengan nomor 200/D/O/2006. Jalan panjang mengembangkan pendidikan dengan konsentrasi kebidanan dan keperawatan membuat lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes. Tepatnya, sejak 29 April 2009 lalu.

Ada empat konsentrasi keilmuwan yang dikembangkan. Yakni, S-1 Keperawatan, D-3 Keperawatan, D-3 Kebidanan, dan pendidikan pekarya kesehatan. Sebagai kampus yang berorientasi pada pelayanan kesehatan, STIKES Kendedes dilengkapi dengan asrama mahasiswa. Juga, rumah sakit bersalin yang merupakan lapangan kerja bagi lulusan D-III Kebidanan. Tak hanya itu, perpustakaan dan laboratorium menjadi andalan mencetak mahasiswa kesehatan berwawasan luas. Beberapa fasilitas lab di dalam kampus adalah Lab kegawat-daruratan, lab komputer, lab kebidanan, dan lab bahasa untuk membekali keterampilan berkomunikasi dalam bahasa pergaulan internasional. Hot spot area memperlengkap fasilitas dan layanan terhadap mahasiswa.

Tak hanya berkutat pada bidang akademik, mahasiswa juga disediakan wadah mengembangkan bakat dan minatnya lewat ragam kegiatan ekstrakulikuler. Di antaranya, gerakan Pramuka (saka bakti husada, saka wira, dan saka kencana). Lalu, ada resimen mahasiswa, brigade penolong siaga bencana, tata boga/tata rias, paduan suara dan sendra tari, English conventation club, bela diri, team building, sampai home care dan home visite.

Mahasiswa di kampus ini memiliki prospek karir dan peluang kerja luas. Utamanya dibidang kesehatan sebagai PNS, karyawan RS swasta, poliklinik kesehatan, rumah sakit bersalin, bekera di rumah sakit umum, hingga karir ke luar negeri.

Informasi :

STIKES Kendedes
Jl Raden Panji Suroso No 6 Malang,
No Telp (0341) 488762,
Fax (0341) 488763.

2. STIKES Maharani

Makin berkembangnya kondisi global dunia, masyarakat berkembang makin membutuhkan tenaga kesehatan berkualitas dan profesional dibidangnya. Penguasaan kemampuan akademis, sikap, dan skill yang bagus sangat penting dalam lingkungan profesi kesehatan. Karenanya, STIKES Maharani berkomitmen menyediakan sistem pendidikan yang berkualitas dan siap pakai sesuai kebutuhan pasar.

Dengan dukungan berbagai pihak profesional, lembaga yang ada di Jl Simpang Candi Panggung No 133 Malang, Jatim ini berkomitmen penuh menghasilkan mahasiswa D-III Kebidanan dan S-1 Keperawatan yang berkualitas, profesional, dan kompeten dalam bidang ilmu kesehatan.
Dilengkapi dengan fasilitas pendidikan memadai, seperti free internet, lab keperawatan dan kebidanan, lab anatomi, lab mikrobiologi dan biokimia, lab bahasa dan komputer serta kerjasama dengan lintas lembaga kesehatan, STIKES Maharani terus memajukan langkah dalam mengembangkan keilmuwan kesehatan.

Informasi :

STIKES Maharani
Jl Simpang Candi Panggung no 133,
Telp (0341) 4345375m 7751871,
Fax (0341) 4345375.

3. STIKES Widyagama Husada

Sebagai institusi yang profesional, inovatif, dan terdepan dalam bidang pendidikan kesehatan, STIKES Widyagama Husada bertekad mendidik tenaga profesional dan ahli dibidang pelayanan kesehatan. Terampil melaksanakan pekerjaan, terampil mengelola pekerjaan, terampil mengelola kemungkinan kejadian dalam pekerjaan, dan terampil menghadapi tanggungjawab dan harapan-harapan lingkungan. Termasuk, bekerja dengan orang lain.

Untuk menggapai tujuan pendidikan tersebut, lembaga yang ada di kawasan Jl Sudimoro No. 16 Malang ini melengkapi diri dengan tenaga pengajar para dokter profesional. Dokter umum, dokter spesialis anak, bidan, perawat, praktisi kesehatan, praktisi industri, hingga praktisi ahli hukum lingkungan.

Menggunakan gedung perkuliahan milik sendiri yang dilengkapi asrama mahasiswa, kampus ini mengedepankan layanan prima untuk mahasiswa. Ruang kuliah berbasis multimedia hingga lab lengkap. Seperti, lab maternitas, lab anak, emergency, medical bedah, komunitas dan gerontik, jiwa, hingga lab anatomi fisiologi. Fasilitas lain yang diberikan adalah beasiswa, lahan praktik, hingga free hot spot area. Sedang peluang karir yang ditawarkan meliputi instansi pemerintah, insdutri jasa kesehatan, industri manufaktur, institusi pendidikan, home care, bidan PTT, bidan praktik mandiri, hingga bidan PNS.

Untuk informasi lebih lanjut:

STIKES Widyagama Husada,
Jl Sudimoro No. 16,
Telp (0341) 406150,
Fax (0341) 471277.

4. Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang (Unmer Malang) dikenal sebagai perguruan tinggi yang berhasil melahirkan alumnus dengan karakter pemimpin (leadership) baik dalam bidang bisnis maupun pemerintahan dan berjiwa wirausahawan. Dengan bekal tiga poin itu, para lulusan siap dan mampu berperan dalam usaha mandiri.

Dari segi penghargaan, kampus di kawasan Jl Terusan Raya Dieng 62-64 ini berhasil menjadi satu-satunya perguruan tinggi penyelenggara pendidikan dan ujian berstandar nasional untuk konsultan pajak. Penghargaan itu diberikan pada tahun 2008 lalu. Sedang pada 2009, Unmer Malang menjadi kampus terunggul di Jatim dalam implementasi penjaminan mutu. Juga, menjadi 50 perguruan tinggi terbaik yang direkomendasikan Dirjen Dikti.

Kampus ini memiliki 32 program studi terakreditasi mulai program S-1, S-2, S-3, program Diploma IV (D-4), dan program Diploma 3 (D-3). Untuk S-1, ada enam fakultas yang dikembangkan. Yakni, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknologi Informasi. Sedang untuk program pascasarjana (S-2) dikembangkan magister manajemen (MM), magister administrasi publik (MAP), dan magister ilmu hukum (MIH). Sementara, untuk S-3 konsentrasinya di program doktor ilmu ekonomi dan doktor ilmu sosial. Sementara D-4 fokus mengembangkan program manajemen pariwisata dan D-3 mulai kepariwisataan, keuangan dan perbankan, akuntansi, manajemen informatika, serta bahasa Inggris.

Dengan banyaknya program studi yang digarap, kampus ini ditunjang oleh tenaga edukatif yang berpengalaman dan profesional. Penjaminan mutu terus diterapkan guna menjaga kualitas mutu kampus dan pengajarnya. Tak hanya itu, program beasiswa dan 32 unit kegiatan mahasiswa menjadi pelengkap kebutuhan mahasiswa. Tak hanya itu, keberadaan job center menjadi tempat pelatihan mahasiswa dan alumni sebagai tenaga professional siap kerja.

Untuk informasi:

Universitas Merdeka Malang.
Telp. (0341) 568395 Psw. 324,
Fax (0341) 564994.

#WISATA AGRO

WISATA AGRO MALANG

1. Agro Kusuma

Layanan one stop shopping of dengan culture tampaknya diterapkan di Kusuma Agro Wisata. Pengalaman menarik dapat ditemui disini setelah melihat kebun apel, bunga, kopi, strawberry, dan sayur-sayuran hidroponik (non insektisida).

Wisata Agro yang dilengkapi dengan hotel kelas bintang menikmati hamparan kebun seluas 17 ha. Anda bisa memetik langsung kebun apel dan jeruk di Kebun dan merasakan nikmatnya. Melihat proses pengeringan kopi, atau membeli aneka sayuran yang dapat langsung dimasak.

Suasana kebun yang lapang dapat digunakan olahraga jogging, bersepeda, play ground dan berkuda. Selain itu dilengkapi dengan Kebun Binatang mini, camping ground dan kolam renang. Jangan lupa sebelum meninggalkan Kusuma Agro Batu, sempatkan membeli oleh-oleh produk-produknya berupa jenang apel, cuka apel dan jeruk.

Alamat: Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Ngaglik, Batu Sub-District, Batu City, East Java 65311.

2. Wisata Agro Kota Batu

Kota Batu terkenal dengan Agro Wisatanya yang antara lain; Bunga, Apel, Stroberi dan sayur-sayuran. Wisata petik Apel langsung dari pohon sebagai salah satu andalan Wisata agro di Kota Batu , dapat ditemui di wilayah Desa Punten, Desa Bumi Aji, dan kawasan wisata Kusuma Agro. Di daerah Kecamatan Bumi Aji dapat juga kita temui, Wisata Bunga mawar sedangkan Desa Sumber Brantas Kawasan Cangar dapat kita temui hasil, pertanian dan perkebunan sayur mayur seperti ; Wortel, kentang, sawi dan lain-lain, dari hasil pertanian telah di olah menjadi makanan ringan yaitu; kripik kentang, dan juga kripik apel yang menjadi makan camilan khas Kota Batu.

3. Wisata Bukit Apel

Penduduk Desa Bumuaji, Kota Batu meawarkan suasana seperti di rumah sendiri (country coming home) tapi sejuk dan fresh. Menghilangkan kepenatan dari kesibukan rutin sehari-hari sambil menikmati buah apel yang langsung dipetik milik penduduk.

Wisatawan dapat terlibat langsung dengan petani apel di Bumiaji ini, sekaligus mengikuti penduduk seperti memetik, merompes (menggunting daun kering agar tumbuh kembali).

Uniknya apel disini berbuah tidak tergantung musim yang sangat berbeda dengan tumbuhnya buah apel di negara-negara Barat. Paguyupan petani apel selain itu juga bisa memberikan menu tour tambahan, yakni paket rafting (arung jarang di kota Batu).

#WISATA BAHARI

Wisata Bahari Malang

1. Pantai Tambak Asri

Tak sedikit pantai-pantai cantik yang tersembunyi di Malang, seperti Pantai Tambak Asri. Pantainya punya hamparan pasir putih, cocok untuk kemping dan sangat alami, karena tidak ada fasilitas apa pun di sana. Eksotis!

Pantai Tambak Asri terletak di Desa Sidosari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang, perjalanan dapat menempuh waktu hingga 3 jam.

Lokasi Pantai Tambak Asri pun bisa diilang terpencil. Terang saja, jalanan menuju ke sana penuh dengan tanjakan dan turunan. Tak hanya itu, jalanannya pun belum beraspal. Hal ini membuat Pantai Tambak Asri belum setenar pantai-pantai lainnya di Malang.

Meski begitu, Pantai Tambak Asri sangat cocok bagi traveler yang doyan bertualang. Suasana pantai sangat alami dan sepi, serta jauh dari perkampungan penduduk. Selain itu, juga tak ada fasilitas apa pun di sana.

Pantai Tambak Asri bisa menjadi lokasi kemping, sebab konturnya datar dan landai. Pantai ini pun punya hamparan pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar, karena sebenanrnya pantai ini berbentuk teluk. Inilah Pantai Tambak Asri, tempat eksotis yang tersembunyi di Malang.

2. Pantai Wediawu

Pantai Wediawu adalah pantai yang beralamat di dusun Balearjo ini bersebelahan dengan Pantai Lenggoksono, hanya dipisahkan bukit Tumpak Wi. Meski berada dalam satu desa, namun untuk menjangkaunya harus memutar lumayan jauh. Butuh waktu sekitar 30 menit dengan mobil dari Pantai Lenggoksono.

Semua jalan meuju Pantai Wediawu sudah beraspal mulus, sebagian dicot. Hanya tanjakan dan turunan berkelok begitu curam. Bahkan ada satu tikungan di satu pertigaan yang semua mobil tak bisa langsung menikung. Mobil harus mengambil jalan lurus dulu untuk mencarihaluan memutar. Perkampungan ini cukup bagus. Dusun Balearjo ini hanya memiliki satu RW.

Pantainya masih sangat natural, nyaris belum ada wisatawan yang menjamahnya. Wajah pantai ini masih kinclong. Gelombangnya datar dan halus. Airnya pun terlihat jernih dengan hamparan pasir putih yang bersih. Nyaris tidak terlihat kotoran di sepanjang pasir putih seluas 800 meterpersegi itu.

View pantai cukup cekung karena di kanan dan kiri menjulang dua tebing karang. Hamparan batu- batu karang yang besar berserakan di pinggir kiri dan kanan pantai bak aksesori yang menambahnya indahnya pantai ini. Boleh dibilang pantai ini mutiara yangterpendam. Tersedia fasilitas yang sudah ada di bibir pantai berupa sirkuit trail, lapangan bola yang luas, dan camping ground.

3. Pantai Sipelot

Selain Pantai Pantai Wediawu yang molek, wisata andalan yang dimiliki Kecamatan Tirtoyudo adalah Pantai Sipelot. Nama asli pantai yang masuk wilayah Desa Pujiharjo ini adalah Spelot berasal dari bahasa Belanda yang artinya persinggahan. Pantai ini menurut sejarah yang tertulis memang menjadi salah satu persinggahan paling nyaman bagi Kompeni Belanda di zaman penjajahan dulu.

Menuju Pantai Sipelot sama susahnya dengan menuju Pantai Wediawu. Jalannya sempit dipenuhi kelokan tajam. Kanan dan kiri ruas jalan tebing dan jurang. Namun pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik.

#WISATA RELIGI

Makam Sunan Prapen

1. Makam Sunan Prapen

Penyebaran syiar agama Islam dan perkembangannya kerajaan Islam di Indonesia, khususnya pulau Jawa, tak bisa lepas dari keberadaan kerajaan Giri Kedaton. Sebab, kerajaan yang didirikan Sunan Giri bergelar Prabu Satmoto pada 1487 M itu memiliki peran penting: menjadi barometer (kiblat) bagi raja-raja (sultan) kerajaan Islam untuk minta pengabsahannya sebagai raja di tanah Jawa.

ZAMAN keemasan kerajaan Giri Kedaton juga tak lepas dari peran seorang pewaris tahta kerajaan bernama Raden Fatichal alias Sunan Prapen (Raja Giri III), putra dari Sunan Dalem (Raja Giri II) sekaligus cucu Sunan Giri (Raja Giri I).

Sehingga, tak lengkap rasanya bagi para peziarah yang sedang berkunjung ke Sunan Giri jika tidak mampir ke makam Sunan Prapen yang berjarak hanya 200m sebelah barat makam Sunan Giri. Tepatnya di Desa Klangonan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Kerajaan Giri Kedaton dijadikan kiblat kerajaan Islam yang ada di nusantara saat pemerintahan Sunan Prapen (1548-1605 M). Kebesaran pemerintahan Sunan Prapen hingga berpengaruh sampai ke Indonesia bagian Timur, seperti Hitu, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Madura. Bahkan, raja-raja kerajaan Pajang dan Mataram selalu minta restu ke Sunan Prapen untuk mendapatkan pengabsaan sebagai raja di tanah Jawa.

Sunan Prapen (1510-1605 M) memerintah kerajaan Giri kedaton sejak berusia 46 hingga akhir hayatnya di usia 95, setelah menggantikan kedudukan kakaknya yang bernama Sunan Sedomargi (1545-1548 M) yang meninggal. Beliau juga terkenal sebagai seorang raja yang ahli dalam hal pemerintahan, berdagang, strategi perang dan digdaya (sakti). Bahkan,dalam hal keagamaan, oleh tokoh-tokoh di luar agama islam disertakan dengan Paus atau lebih dikenal dengan julukan Pausnya orang Islam Indonesia. Hal ini disebabkan Sunan prapen memiliki wawasan keilmuan yang lengkap dan mumpuni.

Namun sayang, pasca pemerintahan sunan prapen kerajaan Giri Kedaton kharismanya semakin pudar. Puncaknya, pemimpin kerajaan Giri kedaton tidak lagi boleh bergelar Sunan Susuhan melainkan di ganti dengan gelar Penembahan dang Pangeran. Raja terakhir Giri Kedaton di bawah kepemimpinan Pengeran Singosari (1725-1743 M).

2. Kompleks Masjid dan Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel yang berlokasi di Jl. KH, Mas Mansyur/ Ampel Surabaya ini mempunyai keunikan sebagai daya tarik wisata Wall Limo dimana sebuah bangunan makam kuno/ klasik yang mempunyai niiai-nilai luhur dan bangunan masjid, bedug, serta sumur bertuah di dalam masjid yang dibuat Kanjeng Sunan beserta para santri yang sampai sekarang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangkan Masjid Ampel dibangun pada tahun 1418 termasuk salah satu monumen bersejarah dalam penyebaran Islam di Jawa.

Kegiatan ziarah dan Khaul Sunan dilaksanakan seminggu sebelum puasa (dimulai pada hari Jumat sampai Minggu). Lingkungan kompleks masjid dan makam sunan Ampel adalah Kampung Arab dengan rumah makan/ depot yang menyajikan masakan khas Arab juga berbagai souvenir, peralatan ibadah, busana muslim, minyak wangi dan sebagainya.

*******

Demikianlah informasi objek wisata yang ada di Malang dan sekitarnya. Informasi lengkap akan kami review melalui publish di bagian Info/List Wisata di Malang.

Diposting oleh Indra, Jumat 15 Maret 2019.

Mie Soden Selecta Malang: Mie Instan Terbaik di Dunia » Salah satu lokasi wisata di Malang, tepatnya dikawasan wisata Batu yang mempunyai daya tarik tersendiri…

Diposting oleh Indra, Jumat 15 Maret 2019.

Candi Sumberawan Malang Jawa Timur adalah Stupa bercorak Budha yang terletak kurang lebih 5-6 km dari Candi Singasari. Secara wilayah candi yang terletak di tengah…

Diposting oleh Indra, Jumat 15 Maret 2019.

Wisata Candi Penataran, Candi Bersejarah yang Elok di Kota Blitar » Bila telah tiba di Kota Malang tidak ada salahnya bila menyempatkan diri berkunjung ke…

Diposting oleh Indra, Jumat 15 Maret 2019.

Bubur Kacang Hijau Pak Iwan Batu Malang: Murah Bukan Murahan » Sebagian besar di antara Anda pasti menyakini kalau murah pasti murahan. Saya pun menganggapnya…

Diposting oleh Indra, Senin 11 Maret 2019.

Kebun Wisata Petik Stroberi Desa Pandanrejo Batu Malang – Kota Batu Malang sangat pandai dalam memanjakan wisatawan. Semua wisata ada di sini, mulai dari wisata…

Diposting oleh Indra, Senin 11 Maret 2019.

Batu Secret Zoo Jatim Park 2 : Kebun Binatang Modern di Batu Malang – Minggu yang lalu Keluarga Biru kedatangan tamu spesial yaitu dua blogger kece…

Diposting oleh Indra, Senin 11 Maret 2019.

Jalan-Jalan ke Kandang Singa AREMA – Kabupaten Malang memang tak akan pernah habis jika dikupas. Makanya saya kupas satu per satu, karena jika secara keseluruhan,…

Diposting oleh Indra, Minggu 10 Maret 2019.

Wisata Arung Jeram Batu Malang, Sisi Lain Wisata di Kota Batu » Kalau Anda menginginkan wisata yang lengkap, ya di Kota Batu dan Malang. Di…

Diposting oleh Indra, Rabu 6 Maret 2019.

Pantai Jonggring Saloko Malang adalah pantai yang memiliki view bagus dan masih jarang di datangi ini berada di Malang Selatan tepatnya di desa Mentaraman Kecamatan…

Page 1 of 2:1 2