Menu

Wisata Alam di Surabaya

Daftar Wisata Alam di Surabaya dan Jawa Timur sekitarnya terbaru terlengkap saat ini dengan view pemandangan yang bagus. Cocok untuk liburan keluarga maupun melakukan perjalan sendiri ala Backpacker. Selengkapnya kami informasikan dibawah.

Wisata Alam di Surabaya

Surabaya adalah ibu kota dari provinsi yang berada di sebelah timur Pulau Jawa, yaitu Jawa Timur. Kota yang dijuluki sebagai kota “Pahlawan” merupakan kota terbesar jumlah penduduknya setelah Jakarta. Jumlah penduduk Surabaya diperkirakan lebih dari 3 juta jiwa. Kondisi tersebut menjadikan Surabaya sebagai salah satu kota metropolis di Pulau Jawa selain Jakarta.

Kota Surabaya memiliki potensi yang sangat besar, seperti dalam bidang industri, bisnis, pendidikan, dan pariwisata. Lebih khusus, artikel ini akan membahas tentang pesona wisata alam Surabaya. Surabaya memiliki potensi wisata yang tak kalah menariknya dengan provinsi-provinsi yang ada di Indonesia. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai tempat wisata alam di Surabaya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu sejarah Kota Surabaya.

Sejarah Kota Surabaya

Asal muasal Surabaya dijuluki sebagai kota Pahlawan berawal dari sebuah pertempuran rakyat Surabaya melawan tentara Belanda dalam perang kemerdekaan. Saat itu, terjadi pertempuran yang di dalamnya ada sebuah peristiwa heroik, yaitu penyobekan bendera Belanda. Bendera Belanda tersebur dirobek warna birunya hingga menjadi bendera warna merah putih yang melambangkan bendera Indonesi.

Secara etimologi bahasa Jawa, nama Surabaya berasal dari kata Sura atau Suro dan Baya atau Boyo. Sura atau Suro berarti sejenis ikan hiu, sedangkan Boyo merupakan istilah untuk buaya. Menurut mitos, dua hewan tersebut merupakan dua hewan terkuat dalam kepercayan masayarakat Surabaya zaman dahulu. Oleh karena itu, hingga kini, kedua hewan itu menjadi simbol Kota Surabaya.

Surabaya menjadi pelabuhan utama dan pusat perdagangan komersial di wilayah timur Indonesia. Sebagai ibu kota provinsi, Surabaya merupakan tempat bercokolnya kantor-kantor pemerintahan maupun swasta dan menjadi pusar bisnis.

Perekonomian Surabaya juga dipengaruhi oleh pertumbuhan yang dilakukan industri asing dan beberapa segmen industri yang akan terus berkembang, terutama bisnis property. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya dan akan semakin berkembang gedung pencakar langit, mall, plaza, apartemen dan hotel berbintang.

Wisata Alam di Surabaya

Bicara soal bidang pariwisata Surabaya, kota “Pahlawan” ini memiliki potensi yang cukup besar. Selain objek wisata sejarah, Surabaya pun memiliki potensi wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Ada banyak objek wisata alam di Surabaya. Nah, untuk lebih mengetahui objek wisata alam yang ada di kota “Pahlawan” ini, mari kita simak ulasannya dalam penjelasan berikut ini.

1. Pantai Ria Kenjeran

Salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Surabaya adalah Pantai Ria Kenjeran. Pantai ini berada di sebelah timur Surabaya. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, sejak memasuki wilayah Mulyosari dan Sutorejo, Anda sudah bisa menghirup suasana udara pantai.

Pantai Ria Kenjeran ini merupakan pantainya masyaraka Surabaya atau dikenal dengan sebutan arek-arek Suroboyo. Pantai Ria Kenjeran ini memiliki fasilitas penunjang, seperti sarana olahraga hingga toko-toko penjual cinderamata khas Kota Surabaya.

Di Pantai Ria Kenjeran, pengunjung bisa menikmati udara pantai dengan berjalan kaki di pesisir pantai. Atau, pengunjung pun bisa menikmati tunggangan kuda sambil melihat panorama pantai. Tunggangan kuda disediakn di sekitar Pantai Ria Kenjeran. Di pantai ini pun, selalu banyak pengunjung yang bermain layang-layang dengan bebas karena angin di pantai ini sangat mendukung untuk permainan tersebut.

Pantai Ria Kenjeran pun sering diadakan berbagai kegiatan. Biasanya kegiatan yang dilakukan di sekitar Pantai Ria Kenjeran ini dilakukan pada sabtu dan minggu atau hari-hari libur nasional. Acara yang diadakan tersebut sangat menarik warga untuk datang berkujung menimati pesona alam pantai. Acara yang biasa diadakan di Pantai Ria Kenjeran antara lain, drag race yang diadakan di park sirkuit, pacauan kuda, pertunjukan barongsai, permainan layang-layang, dan hiburan lainnya.

Setelah lelah menikmati keindahan alam Pantai Ria Kenjeran, pengunjung bisa mengunjungi dan menikmati makanan yang ada di stan penjualan makanan. Makanan yang dijual pun makanan khas Surabaya, seperti sate kerang, kupang lontong, lontong balap, rujak cingur, ikan bakar, es dawet, dn lain sebagainya. Selain itu, ada juga yang menjual souvenir yang mayoritas berbahan dasar dari laut.

Jika ingin bermalan di kawasan Pantai Ria Kenjeran, kawasan wisata ini menyediakan fasilitas penginapan. Penginapan yang tersedia pun bervariasi. Rata-rata, penginatapan di daerah ini mengarah ke pantai agar pengunjung bisa menikmati keindahan fenomena matahari terbenam.

2. Wisata Mangrove

Salah satu wisata alam yang ada di Indonesia adalah wisata mangrove. Tempat wisata ini berada di sebelah timur Kota Surabaya, tepatnya di Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Konsep wisata alam mangrove ini memiliki konsep wisata mangrove.

Wisata ini dilakukan dengan cara perjalanan menyusuri Sungai Wonorejo yang diapit hutan mangrove dan tambak. Untuk melakukan wisata alam ini, dapat dilakukan dengan menggunakan perahu dan singgah pada beberapa pos penjagaan. Selain menikmati alam mangrove, pengunjung pun bisa menikmati kuliner khas bandeng bakar lempung.

3. Jembatan Suramadu

Jika Anda ingin menikmati suasana alam laut atau selat, salah satu tempat yang harus dikujungi adalah Jembatan Suramadu. Jembatan yang dibangun pada masa pemerintahan Megawati dn diresmikan pada masa pemerintahan SBY ini menghubungkan Surabaya (Jawa Timur) dengan Madura.

Saat melewati atau berada di atas Jembatan Suramadu, akan tersaji pemandangan indah Selat Madura yang memisahkan Pulau Madura dengah Pulau Jawa. Namun, ingat, di jembatan ini, pengemudi dilarang berhenti di tengah jalan. Jadi, untuk menikmati pemandangan Selat Madura harus dilakukan dengan cara menelusuri Jembatan Suramadu dari Surabaya ke Madura atau sebaliknya dari Madura ke Surabaya.

4. Wisata Taman Kota

Di tengah Kota Surabaya, terdapat sebuah area terbuka hijau alias taman kota. Taman kota ini merupakan salah satu alternatif tujuan wisata penduduk Surabaya untuk menikmati kesejukan taman kota. Taman kota ini bisa diakses 24 jam gratis. Taman kota ini didesain untuk daerah penyerapan air sekaligus menjadi tempat rekreasi keluarga.

5. Kebun Binatang Suramadu

Satu lagi tempat wisata alam yang berada di Kota Surabaya adalah Kebun Binatang Surabaya. Kebun Binatang merupakan salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Kebun binatang ini berlokasi di Jalan Setail No. 1, Surabaya. Kebun Binatang Surabaya (KBS) termasuk salah satu kebun binatang yang terlengkap di kawasan Asia Tenggara.

Di Kebun Binatang Surabaya, selain bisa menikmati sejuknya pepohonan, juga bisa melihat aneka hewan peliharaan kebun binatang tersebut, di antaranya buaya, harimau, monyet, dan hewan-hewan lainnya. Diperkirakan, hewan yang ada di Kebun Binatang Surabaya ada sekitar 2.800 binatang. Di antara sekian banyaknya hewan, ada beberapa yang tergolong hewan langka, seperti harimau sumatera, komodo, buaya, orang utan, dan hewan langka lainnya.

Namun, akhir-akhir ini beredar berita mengenai hewan yang dipelihara KBS mati. Kematian hewan peliharaan Kebun Binatang Surabaya ini disinyalir karena kurangnya pemeliharaan yang dilakukan pihak kebun binatang. Hal itu sungguh disayangkan karena ada hewan yang mati percuma, apalagi hewan yang mati itu termasuk hewan yang dilindungi atau hewan langka.

Nah, itulah penjelasan mengenai wisata alam Surabaya. Semoga paparan tersebut bisa menjadi referensi Anda untuk berwisata di kota Pahlawan. Jadi, jika berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke beberapa tempat tersebut.

Diposting oleh Indra, Selasa 5 Maret 2019.

Tempat Wisata Taman Flora Kebun Bibit Surabaya » Kebun bibit, kalau denger kebun inget nya bercocok tanam yaa, di surabaya khusus nya daerah bratang ada…

Diposting oleh Indra, Selasa 19 Februari 2019.

Wisata Gunung Bromo adalah objek wisata alam yang seru dan menyejukan hati yang jangan terlewatkan saat berlibur ke Jawa Timur. Lokasinya berada di Taman Nasional…

Diposting oleh Indra, Minggu 17 Februari 2019.

10 Spot Hunting Foto Terfavorit di Surabaya – Jaman sekarang, jalan-jalan kurang lengkap rasanya tanpa berfoto ria. Apalagi nih, kita sedang berada di era ‘no…

Diposting oleh Indra, Minggu 10 Februari 2019.

Jembatan Nasional Suramadu atau Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang melintas di atas Selat Madura. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa, Surabaya dengan Pulau Madura, khususnya Bangkalan. Penamaan jembatan ini diambil dari…