Menu

Kuliner Surabaya

Tempat Wisata Kuliner Surabaya makanan khas asli Jawa Timur yang unik, enak, dan nikmat. Agenda wajib yang jangan sampai Anda lewatkan saat wisata di Surabaya Jawa Timur.

Wisata Kuliner Surabaya

Berwisata tak hanya menikmati keindahan alam atau mengetahui lebih dalam arti peninggalan sejarah. Berwisata tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan akan kuliner. Ya, wisata kuliner saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban di perkotaan. Melejitnya wisata kuliner mendorong usaha kuliner semakin tumbuh pesat.

Daftar Wisata Kuliner Khas Surabaya

Jika Anda sedang berwisata ke Surabaya, ada banyak objek wisata yang harus dikunjungi, seperti Pantai Ria Kenjaren, Monumen Jalesveva Jayamahe, jembatan merah, dan objek wisata lainnya. Setelah lelah mengunjungi objek wisata yang ada di Surabaya, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menikmatik wisata kuliner Surabaya. Ya, Surabaya selain terkenal dengan objek wisatanya, juga terkenal dengan aneka kulinernya yang khas, di antaranya rujak cingur, rawon, tahu campur, lontong balap, dan aneka kuliner lainnya.

Berikut ini akan dipaparkan mengenai aneka kuliner khas nan lezat khas Kota Pahlawan, Surabaya.

1. Soto Sapai Tidar H. Kurdi

Jika Anda sedang melancong ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner berkuah yang terkenal di Surabaya, yaitu soto sapi tidar H. Kurdi. Sebenarnya, tempat menjual soto sapi ini bernama Warung Barokah Soto Madura Asli, namun masyarakat mengenalnya dengan sebutan soto sapi tidar H. Kurdi. Hal ini dikarenakan warung ini berlokasi di Jalan Tidar Pojok, Surabaya. Untuk menemukan lokasi ini sangat mudah karena di depannya terpampang spanduk yang bertuliskan “Warung Barokah Soto Sapai Madura Asli”.

Selain itu, toko ini mudah dikenali karena banyak kendaraan pengunjung yang terparkir di halaman warung tersebut. Tampilan luar warung soto sapi tidah H. Kurdi ini memang terlihat kecil, tapi setelah masuk ke dalam area warung, Anda akan menemukan tampilan ruang yang cukup luas. Ruang tersebut diperkirakan dapat menampung sekitar 20 pengunjung.

Satu porsi soto sapi tidar H. Kurdi disajikan dalam sebuah mangkuk lengkap dengan irisan telur rebus. Biasanya, nasi dan soto disatukan, namun jika kita meminta dipisahkan antara nasi dan soto, bisa juga dipesan. Penyajian soto sapi ini bisa menerima request khusus, misalnya jangan pake seledri atau kuahnya ditambah.

Soto sapi Tidar H. Kurdi ini disajikan dengan kuah yang masih mengepul. Kepulan uap dari kuah tersebut sunggu menggugah selera makan. Kuah dari soto sapi ini berwarna keruh karena campuran rempah-rempah. Di dalam kuah, tersaji potongan daging sapi yang cukup besar. Aroma khas soto akan semakin “menggairahkan” jika ditambah taburan seledri dan bawang goreng.

Daging yang disajikan pun sangat empuk ditambah nikmatnya kuah kaldu semakin membuat soto sapi Tidar H. Kurdi “menggairahkan”. Kuah kaldu yang yang tersaji dalan soto sapi Tidar H. Kurdi inilah yang membuatnya berbeda dengan soto-soto lainnya. Jika Anda penyuka sajian pedas, tambahan sambal pun bisa membuat soto semakin maknyoos.

Usaha soto H. Kurdi ini sudah berjalan selama 60 tahun. Awalnya, H. Kurdi, pemilik usaha soto sapi Tidar, membuka usahanya di Pasar Tempok. Lalu, sekitar 17 tahun yang lalu, pindah ke Jalan Tidar Pojok. Sekarang pun lokasinya masih di Jalan Tidar Pojok. Soto sapi H. Kurdi ini buka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Bicara soal harga, harga yang dipatok sekitar Rp20.000.

2. Tahu Tek Pak Ali

Salah satu tujuan wisata kuliner di Surabaya adalah Tahu Tek Pak Ali. Lokasinya berada di Jalan Dinoyo 147A. Tahu Tek Pak Ali menyajikan tahu tek atau tahu campur khas Surabaya. Tahu campur yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dengan campuran petis yang menggugah selera. Tampilan tahu campur ini ditambah dengan irisan kentangm taoge, serta kerupuk.

Satu porsi tahu campur Pak Ali dibandrol dengan harga Rp8.000 plus telur. Kelezatan tahu campur Pak Ali pun sudah terkenal ke mana-mana. Tak jarang artis atau para tokoh penting bersantap menikmati tahu campur Pak Ali. Tahu camput buatan Pak Ali ini mulai buka pukul 4 sore.

3. Tahu Campur Pak Sugeng

Salah satu kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Surabaya adalah Tahu Campur Pak Sugeng. Tahu campur Pak Sugeng berlokasi di Jalan Dipenogoro 222, tepat dipinggir jalan. Tahu campur Pak Sugeng ini termasuk jajanan kaki lima yang kualitasnya setara dengan jajanan restoran. Warung tahu camput Pak Sugen ini mulai buka pada pukul 5 sore hingga pukul 11 malam.

Hidangan tahu campur Pak Sugen ini terdiri dari irisan tahu, mi kuning, taoge, irisan perkedel singkong atau lentho dan daun selada besar. Semua campuran tersebut dicampur lagi dengan petis udang kemudian disiram dengan kuah kaldu beserta kikil atau urat. Jangan takut kikil atau uratnya terasa keras karena kikil atau urat yang disajikan sudah sangat empuk. Tahu campur yang disajikan dibandrol dengan harga Rp8.000.

4. Rujak Cingur Ahmad Jais

Siapa yang tidak mengenal rujak cingur khas Surabaya? Ya, kuliner rujak cingur memang khas Surabaya khusunya dan Jawa Timur umumnya. Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian rujak cingurnya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak Cingur Ahmad Jais ini tergolong rujak cingur eksklusif se Indonesia.

Mengapa dikatakan eksklusif? Karena penikmat rujak cingur ini tidak hanya kalangan biasa, tapi juga orang nomor satu di Indonesia saat ini (2012), SBY. Selain itu, harga yang ditawarkan pun sangat eksklusif, satu porsi rujak cingur Ahmad Jais dipasarkan dengan harga Rp45.000. Wooow? Sungguh eksklusif harganya.

Tempat makan rujak cingur ini sebenarnya dikelola oleh warga keturunan bernama Ny. Ng Giok Tjoe saat beliau berusia 42 tahun. Sampai sekarang, beliau pun masih aktif berdagang, khusunya dalam proses pengulekan bumbu rujaknya. Pada hari senin hingga sabtu, rujak cingur Ahmad Jais ini mulai buka pada pukul 10 pagi hingga 5 sore. Sementara itu, untuk hari minggu, rujak cingur Ahmad Jais mulai buka pada pukul 11 siang.

5. Lontong Balap Rajawali

Salah satu jajan kuliner yang patut untuk dicoba jika berkunjung ke Surabaya adalah lontong balap Rajawali. Lokasi lontong balap ini berada di Jalan Rajawali, depan SPBU. Tempatnya sangat sederhana, tepat dipinggir jalan raya. Lontong balap Rajawali ini rasanya sangat maknyooos.

Lontong balap disajikan dengan tahu goreng, tauge, lento dan kuah. Jika Anda suka, di sini pun tersaji sate kerang khas Surabaya. Lontong balap dan sate kerang merupakan sajian yang klop satu dengan yang lainnya. Harga lontong balap dibanderol dengan harga Rp6.000, sedangkan harga sate kerang dipatok dengan harga Rp500/ tusuk.

6. Zangrandi Ice Cream

Setelah kenyang dengan kuliner makanan, saatnya mencicipi kuliner minuman. Minuman khas yang menjadi kuliner asli Surabaya adalah Zangrandi Ice Cream. Zangrandi Ice Cream merupakan ice cream tertua di Surabaya yang didirikan sejak 1930 oleh Retno Zangrandi yang berasal dari Italia.

Es krim yang ditawarkan pun beragam, seperti copacabana, tropicana fruit, monte carlo, banana split, dan masih banyak lagi. Lokasi kuliner ice cream ini berada di Jalan Yos Sudarso No. 15 dan buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp20.000 hingga Rp30.000.

Nah, itulah kuliner khas Surabaya. Tak ada salahnya jika sedang berkunjung ke Surabaya, Anda menyempatkan mengunjungi tempat-tempat kuliner tersebut.

Diposting oleh Indra, Selasa 5 Maret 2019.

Bebek & Ayam Goreng Cabang Purnama Kota SBY Jawa Timur memang rasanya uenak tenan. Salah satu wisata kuliner di Surabaya yang wajib Anda cicipi saat…

Diposting oleh Indra, Selasa 5 Maret 2019.

Toko Oleh Oleh Khas Surabaya di Wisata Rasa » Karena ada undangan menghadiri sebuah event di Surabaya, maka dengan bahagia saya menikmati perjalanan Kertosono-Surabaya kemarin.…

Diposting oleh Indra, Minggu 17 Februari 2019.

Inilah 5 Wisata Kuliner Surabaya yang wajib dicicipi dengan rasa yang enak dan lezat. Memiliki cita rasa berbeda yang tidak akan ditemukan pada kuliner lainnya.…

Diposting oleh Indra, Minggu 10 Februari 2019.

Pernah berkunjung ke Surabaya dan mencicipi rujak cingur? Jika iya, berarti Anda sudah mencicipi salah satu makanan khas Surabaya yang cukup terkenal. Bahkan, rujak cingur…